Lamidi Berharap Banyak Lahir Ahli Perencanaan Untuk Pembangunan yang Tertata

Avatar

 

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Lamidi membuka pelatihan dan sertifikasi Tenaga Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota di Anmon Resort, Bintan, Selasa (30/11). Melalui pelatihan ini, Lamidi berharap akan memunculkan semakin banyak ahli perencanaan wilayah sebagai dasar pembangunan berkelanjutan di Kepulauan Riau.

“Melalui kegiatan ini dapat langsung menyelesaikan persoalan-persoalan dasar yang sejalan dengan percepatan penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah di Kepri yang terdiri dari ribuan pulau,” ujar Lamidi.

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) menurut Lamidi berperan penting dalam peningkatan kapasitas pemerintah daerah terutama penyamaan pola pikir dalam penyusunan perencanaan tata ruang.

“Diselenggarakannya kegiatan ini juga sebagai wadah komunikasi, penelitian, dan konsultasi antar ahli perencanaan”, kata Lamidi.

Baja juga:  Kapolres Tekankan Sinergitas TNI, Polri dan Inkait Amankan Libur Lebaran di Karimun

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Provinsi Kepri yang juga Plt. Bupati Bintan, Roby Kurniawan, mengatakan dengan bertambahnya ahli perencanaan bersertifikasi di Kepri dapat menjadi dukungan bagi rencana pembangunan yang telah disusun Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Berikan yang terbaik bagi pembangunan daerah dengan perencanaan tata ruang dan wilayah yang terukur demi kemajuan Provinsi Kepri menjadi lebih baik lagi,” kata Roby.

Pelatihan dan sertifikasi Tenaga Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota kali ini digelar mulai tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 64 orang sarjana perencanaan wilayah dan kota yang terdiri dari ASN dan juga konsultan. Sertifikasi keahlian perencanaan wilayah dan kota sendiri terdiri dari ahli muda, madya, dan utama.

Baja juga:  Direktur Utama PT LIB Diperiksa Selama 12 Jam, Dicecar 97 Pertanyaan

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua IAP Pusat Phil Hendricus Andi Simarmata, Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang Agus Sutanto, Kepala Barenlitbang Kepri Andri Rizal, dan Kepala BPKAD Kepri Venny.