Polresta Barelang Apel Kesiapan dan Pengecekan Personel yang Akan Melaksanakan Pengamanan TPS di Wilayah Hukum Polresta Barelang

Tika Ayu Pratiwi

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH. Melaksanakan apel Kesiapan Pengamanan dan Pengecekan personel PAM TPS yang berlangsung di Lapangan Mapolresta Barelang, Rabu (7/02/2024).

Pada pelakasanaan Apel tersebut dilakukan pembagian tas ransel secara simbolis kepada seluruh personel yang mengamankan TPS yang ada di wilayah hukum kota batam.

Dalam amanatnya, Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH., mengingatkan kepada anggota dalam pengamanan TPS yaitu membantu KPPS dalam pengamanan kegiatan pemungutan suara di lokasi TPS dan melakukan tindakan kepolisian sesuai dengan ketentuan undag-undang yang berlaku dan mentaati semua petunjuk dan arahan pimpinan hal-hal yang dilarang wajib dilaksanakan oleh anggota yang melaksanakan pengamanan TPS.

“Tugas lainnya adalah membantu pengamanan pengawalan kotak suara mulai dari Gudang Logistik sampai ke Kantor Camat/PPK dan ke TPS dan juga sebalikbya setelah selesai dilaksanakan pemungutan suara pemilu 2024 dikawal sampai ke kantor kecamatan/PPK kembali” Ucap Wakapolresta Barelang.

Dan juga mengingatkan personil polresta barelang dalam melaksanakan tugas pengamanan di TPS untuk tetap mengedepankan netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. “Netralitas Polri adalah prinsip yang sangat penting dalam menjaga keadilan dan ketertiban selama proses pemilihan umum. Dengan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Baja juga:  Kapolres Karimun Pimpin Upacara Sertijab Kasat Reskrim

“Apabila masih ditemukan anggota yang melanggar akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, dan kepada Personel pengamanan TPS bertanggung jawab penuh memastikan keamanan seluruh proses di hari pemungutan dan penghitungan suara berjalan jujur, adil, dan transparan. dan juga menegaskan agar personil Polri mencegah potensi rawan yang ada di sekitar area TPS dan segera melaporkan kepimpinan apabila ada kejadian menonjol sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas pemilihan umum secara serentak yang demokratis dan bermatabat.

Semua Anggota Polri khususnya Polresta Barelang diharapkan mampu mengamankan terlaksananya pemilihan Pilpres serta legislative Tahun 2024 yang demokratis serta sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu dan Polresta Barelang telah menyiapkan Personel (±) 700 personel yang disebar di 3.241 TPS di kota batam.

Hari ini personel yang terlibat melaksanakan Pam TPS akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatan para petugas pengamanan TPS, diharapkan semua personil dapat melaksanakan tugas pengamanan TPS sesuai dengan yang kita harapkan berjalan aman dan lancar dengan kondisi kesehatan yang prima dan mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal. dengan ini saya mengajak seluruh personel pengamanan TPS untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan netralitas. Kita memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa proses pemilihan umum berjalan aman, jujur, dan transparan. Tetaplah menjaga keamanan di TPS dengan menghindari potensi gangguan dan menjunjung tinggi netralitas serta profesionalisme. tutup Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH.

Baja juga:  Kapolres Natuna Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda