Peringatan Isra Miraj 1445 H di Polres Bintan, Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Dalam Rangka Menciptakan Pemilu Damai

Tika Ayu Pratiwi

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Kepolisian Resor Bintan menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1445 Hijiriyah di Masjid Darul Muttaqien Polres Bintan, Jum’at(09/02/2024).

Peringatan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menerima perintah shalat ini dihadiri Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M. didampingi Ketua Bhayangakari Cabang Bintan Ny, Ila Riky Iswoyo kemudian Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Bintan Ny. Yani Amir Hamzah serta turut hadir para pejabat utama Polres Bintan, perwakilan personel dan pengurus Bhayangkari Cabang Bintan yang beragama Islam dengan tema pelaksanaan
“Himah Isra Mi’raj Menanamkana Moral Dalam Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai”.

Kapolres Bintan dalam sambutannya mengawali peringatan Isra Miraj menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan ini.
“Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas izinnya sehingga kita dapat melaksanakan acara peringatan Isra Mi’raj 1445 H di Mesjid tercinta kita ini,” kata kapolres

Yang terpenting dari rasa syukur hari ini, kata Kapolres, selain dapat melaksanakan peringatan Isra Miraj, juga masih diberi kesehatan dalam melaksanakan ibadah sholat.
“Semoga menjadi pengingat bagi kita untuk menjaga shalat lima waktu sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT dan meneladani Nabi Muhammad SAW,” kata dia.

Baja juga:  AKP Rudi Dianiaya Massa Aksi 11 April saat Evakuasi Mobil Terjebak di Jalan Tol : Okezone Megapolitan

AKBP Riky mengatakan, peristiwa Isra Mi’raj harus dilihat menggunakan kacamata iman. Sebab jika tidak dengan kacamata iman maka perjalanan Rasulullah SAW menghadap Sang Pencipta akan sulit untuk diterima akal sehat.
“Semoga dengan kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini menjadi momentum untuk kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua serta dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kita sebagai Polri.,” ungkapnya.

Ia meminta para jamaah yang hadir agar terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Apabila iman seseorang baik maka baik pula perbuatan atau perilakunya.
“Kegiatan peringatan Isra Mi’raj rutin kita rayakan sebagai pengingat kita terkait sejarah besar umat muslim, dimana Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat lima waktu langsung dari Allah SWT,” tandasnya.

Hikmah peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dibawakan oleh Ustadz Dedi Sanjaya, LC.
Dalam ceramahnya, Dedy mengatakan bahwa Isra Miraj secara histori adalah suatu peristiwa yang tujuannya untuk menghibur baginda Nabi Muhammad SAW. Saat itu Nabi kehilangan orang tercintanya yaitu pamannya, dan istrinya yang dipanggil pulang oleh Allah SWT. Peristiwa itu sangatlah cepat sehingga banyak kalangan di masa itu yang tidak percaya dengan perjalanan tersebut.
“Namun bagi kita orang islam yang beriman maka hal ini harus diyakini dengan keimanan kita sebab secara akal peristiwa Isra Miraj tidak akan bisa dijawab dengan akal namun hanya dengan ketaatan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” katanya.

Baja juga:  Berangkatkan Atlet Sepeda Pra PON, Rudi: Jaga Nama Baik Kepri

Perjalanan Isra Miraj ini, kata Dedi, juga adalah peristiwa di mana Baginda Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk shalat 5 waktu.”Maka hendaknya kita bisa istiqamah dengan menjaga shalat kita. Allah SWT tidak membebani kita dan untuk melaksanakan shalat ini kalau kita tidak bisa istiqomah dengan shalat sunnah maka shalat yang wajib harus kita jaga dengan baik,” pintanya.