Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024 Di SPN Polda Kepri Tanjung Batu

Tika Ayu Pratiwi

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., membuka secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2024, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Tanjung Batu Polda Kepri pada Selasa (13/2/2024).

Hadir dalam Upacara Pembukaan Diktukba Polri Gelombang I TA. 2024 tersebut Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Ka SPN Tanjung Batu Polda Kepri serta Forkopimda Kabupaten Karimun Provinsi Kepri.

Selaku Inspektur Upacara, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., yang menyampaikan saya selaku Kalemdiklat Polri mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara-saudara yang dinyatakan lulus dan ditetapkan sebagai peserta didik pada program Diktukba Polri Gelombang I Tahun anggaran 2024.

“Saya selaku Kalemdiklat Polri mengucapkan Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan polri, tempat para peserta didik sekalian akan menimba ilmu, dididik, ditempa dan dilatih selama 5 bulan ke depan untuk menjadi insan tribrata yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik,” ungkapnya.

Manfaatkan kesempatan yang berharga ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu pengetahuan, keterampilan serta menambah wawasan tentang kepolisian secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Saya meyakini, dengan tekad yang kuat kalian dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pendidikan ini dengan baik, yang mana pendidikan pembentukan menjadi aspek penting guna mewujudkan institusi polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (presisi).

Baja juga:  3 Keburukan Iwan Bule selama Menjadi Ketua Umum PSSI

Pada kesempatan ini, Kalemdiklat Polri turut menyampaikan beberapa penekanan kepada para Siswa yang akan menjalani Pendidikan Pembentukan Bintara Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya adalah :

1. Senantiasa tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan bertindak dalam pelaksanaan pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

2. Persiapkan Fisik dan mental saudara selama mengikuti pendidikan, patuhi seluruh peraturan yang berlaku, serta hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga dan institusi.

3. Tunjukan sikap disiplin, penuh semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi bahwa tujuan kalian selama berada di Lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri.

4. Bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh unsur pelaksana pendidikan, sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis.

5. Tanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam setiap proses belajar mengajar, sehingga ilmu yang diberikan oleh gadik maupun instruktur benar- benar dapat diserap oleh para siswa sekalian.

“Selanjutnya, rangkaian upacara pembukaan pendidikan tersebut diakhiri dengan tradisi pemotongan rambut dan penyiraman air kembang serta sujud syukur yang diiringi Doa oleh Rohaniawan lintas Agama. Air kembang disiramkan oleh Wakapolda Kepri kepada 2 (dua) orang perwakilan siswa dari 191 (seratus sembilan puluh satu) siswa yang ditetapkan menjadi peserta didik di SPN Polda Kepri pada program Diktukba Polri Gelombang I T.A. 2024,” tutur Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si.

Baja juga:  Gubernur Buka Pelatihan Bagi PPNS se-Kepri

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., menambahkan “Mari kita sukseskan Pemilu 2024 yang tinggal 1 hari lagi dan jangan mudah percaya dengan berita yang tidak benar atau Hoax guna menjaga situasi Kamtibmas menjelang pemilu menjadi aman dan kondusif. Untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat kejahatan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau Unduh Aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.”