Di Depan Jokowi, Zulhas Sapa Anindya Bakrie sebagai Ketua Kadin

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menyapa Anindya Bakrie sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia juga mengklaim kisruh yang sempat terjadi di tubuh Kadin sudah berakhir.

Momen itu terjadi dalam pembukaan agenda Clean Feed The 39th Trade Expo Indonesia dengan tema Build Strong Connection With The Best of Indonesia di Hall Nusantara ICE BSD City, Tangerang, Rabu (9/10).

“Ketua Kadin, Kadin sudah akur Pak (Jokowi), sudah aman, sudah kompak, Anindya Bakrie,” kata Zulhas.

Kadin Indonesia belakangan mendapat sorotan terkait kisruh ‘perebutan’ kursi Ketua Umum Kadin.

Anindya Bakrie terpilih sebagai Ketua Umum Kadin berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Luar biasa (Munaslub) pada 14 September 2024, mendepak Arsjad Rasjid yang seharusnya masih memimpin Kadin hingga 2026.

Gelaran Munaslub itu mendapatkan tentangan dari sejumlah pihak.

Ketua Umum Kadin 2021-2026 Arsjad Rasjid disebut masih punya kewenangan jadi ketum hingga 2026 meskipun sempat berhenti sementara karena jadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Munaslub itu dinilai tak sesuai AD/ART Kadin.

Kubu Arsjad bahkan sempat berniat melaporkan kubu Anindya ke polisi dan meminta pengadilan membatalkan pengangkatan ketum baru itu.

Namun, beberapa hari lalu, Arsjad bertemu dengan Anindya dan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. Ia menyatakan Kadin sudah menemukan solusi sembari menyebut Kadin sudah bersatu.

Meskipun begitu, tidak ada pernyataan resmi siapa yang akan memimpin Kadin dalam kesepakatan tersebut. (cnni)