Perempuan Pendaftar Panwascam di Kulon Progo Lampaui 30%

Kulon Progo: Sebanyak 215 orang tercatat mendaftar calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jumlah itu lebih dari 30 persen di antaranya pendaftar perempuan.
 
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo, Ria Harlinawati, mengatakan pendaftaran yang ditutup pada 27 September 2022 sebagian besar mengirimkan berkas langsung. Ia mengatakan sebanyak 190 pendaftar datang langsung mengirimkan berkas.
 
“Sisanya 24 (mendaftar) lewat email dan satu (mengirim berkas pendaftaran) lewat pos,” kata Ria saat dihubungi, Kamis, 29 September 2022.
 

Dia merinci 215 pendaftar itu terdiri atas 138 laki-laki dan 77 perempuan. Sebanyak 77 pendaftar perempuan itu artinya sudah di atas 30 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jumlah pendaftar sudah memenuhi aturan minimal enam orang, juga terpenuhi unsur keterwakilan (pendaftar) perempuan,” jelasnya.
 
Ria mengatakan jumlah pendaftar di setiap kecamatan berbeda-beda. Paling tinggi di Kecamatan Temon sebanyak 31 orang. Paling sedikit di Kecamatan Kokap dan Sentolo dengan 12 orang pendaftar.
 
“Dari keseluruhan, peminat untuk mendaftar cukup tinggi karena yang dibutuhkan hanya tiga orang setiap kecamatan,” ungkapnya.
 
Ia menambahkan tahapan berikutnya yang dikerjakan penelitian berkas dan kelengkapan administrasi pada 28-30 September 2022. Pengumuman peserta lolos administrasi dilakukqn 12 Oktober 2022 mendatang.
 
Peserta lolos dijadwalkan mengikuti Computer Assisted Test (CAT) pada 16 Oktober 2022.
 

(DEN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *