Kamu Anak SMK yang Mau PKL? Pelajari Tips dan Trik Bikin Laporan PKL

Jakarta: Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang diwajibkan untuk anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai persiapan terjun langsung ke dunia kerja. Dengan adanya kegiatan PKL, diharapkan siswa SMK bisa langsung belajar dan mendalami dunia sesuai bidangnya masing-masing.
 
Kegiatan PKL umumnya dilaksanakan pada semester tiga atau empat, dalam pelaksanaannya, terlebih dahulu pihak sekolah memberikan pembekalan kepada siswa terkait pengenalan budaya kerja, peraturan kerja di tempat PKL, penyusunan jurnal kegiatan siswa, dan pembuatan laporan PKL.
 
Jurnal kegiatan siswa dan laporan PKL nantinya digunakan sebagai bukti kegiatan PKL telah dilaksanakan. Nah, sebelum belajar cara membuat laporan PKL, Sobat Medcom harus tahu definisinya terlebih dahulu ya! Jadi, laporan PKL adalah uraian lengkap berisi kinerja Sobat Medcom selama mengikuti proses magang/PKL dari awal sampai akhir. Sobat Medcom bisa memasukkan bukti-bukti pendukung seperti foto, hasil kinerja, dan lain-lain.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam menyusun laporan PKL, biasanya akan ada format yang diberikan oleh sekolah sebagai pedoman, namun ada format umum yang bisa Sobat Medcom pelajari terlebih dahulu sebelum mendapatkan format dari sekolah. Melansir dari laman Quipper, berikut format penulisan laporan PKL:

  1. Sampul/Cover: Di dalam sampul, sobat Medcom wajib menulis judul laporan, nama penyusun, dan identitas instansi pendidikan seperti logo, nama, dan alamat
  2. Halaman pengesahan: Bagian ini berisi dokumen-dokumen pengesahan terkait kegiatan PKL
  3. Kata pengantar: Bagian ini memuat ucapan syukur, ucapan terima kasih, tujuan, manfaat penulisan laporan, serta kritik dan saran terkait kegiatan PKL
  4. Daftar isi: Bagian ini berisi informasi mengenai bab, sub bab, isi, dan halaman laporan
  5. Pendahuluan: Pendahuluan berisi latar belakang yang menjadi dasar penyusunan laporan
  6. Tinjauan umum perusahaan: Bagian ini memuat informasi mengenai perusahaan yang menjadi tempat Sobat Medcom menjalankan kegiatan PKL. Umumnya berisi profil, visi dan misi, tugas dan tanggung jawabmu sebagai siswa PKL di perusahaan tersebut, dan struktur organisasi perusahaan
  7. Hasil PKL: Di sini, kamu harus menguraikan selengkap-lengkapnya berbagai kegiatan yang kamu lakukan selama PKL
  8. Penutup: Bagian ini berisi kesimpulan yang dapat sobat Medcom ambil dari pelaksanaan kegiatan PKL
  9. Lampiran: Lampiran memuat data pendukung dan foto kegiatan

Tulislah pendahuluan dengan sejelas mungkin, karena pendahuluan merupakan bagian yang sangat penting. Selain pendahuluan, bagian hasil juga harus lengkap dan jelas. Agar tidak lupa kegiatan apa saja yang sudah dilakukan, Sobat Medcom bisa membuat catatan harian yang memuat waktu, jenis, dan uraian kegiatan.
 
Lampiran data pendukung juga tidak kalah penting dari pendahuluan dan hasil. Data-data pendukung bisa berupa foto kegiatan, hasil pekerjaan, dokumen-dokumen, dan lain sebagainya.
 
Jangan lupa minta izin terlebih dahulu pada perusahaan tempat Sobat Medcom PKL, karena terkadang ada hasil kerja atau data yang tidak boleh dibagikan ke publik. Itulah tadi beberapa hal yang bisa Sobat Medcom terapkan saat menyusun laporan PKL. Semoga bermanfaat ya! (Annisa Ambarwaty)
 

 

(REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *