Istri Ferdy Sambo Resmi Ditahan, Kriminolog UI: Tepis Diskriminasi Tersangka

Suara.com – Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo akhirnya ditahan di Rutan Mabes Polri sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Nofrisnsyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu dinilai sudah tepat. Hal ini disampaikan Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Adrianus Meliala.

“Tindakan ini dilakukan untuk efisiensi, dari pada Jaksa meminta tapi PC ada di luar Kota, langsung saja disiapkan (ditahan). Jadi lebih memudahkan pemindahan dari tahanan Polri menjadi tahanan Kejaksaan,” ujar Adrianus dalam siaran persnya, Sabtu (1/10/2022).

Menurut Adrianus, langkah penahanan terhadap Putri telah tepat. Hal itu sekaligus menepis anggapan kalau Polri memberikan perlakuan berbeda terhadap istri Sambo.

Baca Juga:
Menangis Pakai Baju Tahanan, Putri Candrawathi Sampaikan Pesan Ini Pada Anak-Anak

“Langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini juga menepis anggapan bahwa Polri semacam memberikan perlakuan berbeda terhadap PC dibandingkan yang lain,” beber dia.

Adrianus menjelaskan, setelah berkas perkara Sambo Cs sudah berstatus P21 atau lengkap, penyidik Polri melakukan penahanan terhadap Putri untuk memudahkan pelimpahan tahan II. Kata dia, langkah ini lebih efisien ketimbang Putri ditahan jauh hari sebelumnya.

Adrianus menyebut, proses penahanan yang cepat akan membuat penyidik melakukan tindakan terburu-buru. Jika ditahan jauh-jauh hari, lanjut dia, akam dihitung dengan potongan masa tahanan.

Tersangka Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). [Suara.com/Alfian Winnato]
Tersangka Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). [Suara.com/Alfian Winnato]

“Dengan tidak ditahannya jauh-jauh hari, prosesnya menjadi normal dan pada akhirnya kan tetap dihitung potongan masa tahanan. Ini saya kira bukan isu. Sebetulnya masyarakat saja yang mungkin tidak sabar atau ada tendensius kepada polri,” ujar Adrianus.

Istri Ferdy Sambo Ditahan

Baca Juga:
Intip Gaya Mewah Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan: Pakai Tas Gucci hingga Jaket Burberry

Putri resmi menggunakan pakaian tahanan Bareskrim Polri. Sambil menangis dia mengaku ikhlas dan meminta doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *