5 Penyebab Smartphone Mati Total dan Cara Mengatasinya

Jakarta: Smartphone kini menjadi perangkat yang kian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebab sejumlah layanan ini tersedia dalam bentuk aplikasi, sehingga masyarakat dapat melakukan berbagai hal hanya via ponsel mereka.
 
Dengan meningkatnya tingkat kegunaan perangkat ini, lebih dari sekadar alat komunikasi, bukan pengalaman menyenangkan saat mendapati smartphone kamu tidak dapat diaktifkan atau mati sama sekali, terutama pada saat kamu paling membutuhkannya.
 
Berikut sejumlah hal yang kerap menyebabkan smartphone mati total dan tidak dapat kamu gunakan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Bug
Salah satu penyebab utama ponsel kamu tidak dapat diaktifkan sama sekali adalah bug yang terdapat di bagian firmware. Selain itu, jika tidak menyebabkan ponsel mati total, bug juga bisa menyebabkan ponsel kamu melambat dan baterai jadi cepat habis.
 
2. Tombol daya rusak
Tombol daya atau power merupakan salah satu bagian penting pada smartphone, sebab menjadi satu-satunya cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat. Apabila tombol ini rusak, maka kamu jelas akan kesulitan saat menggunakan ponsel.
 
3. Suhu terlalu panas atau Overheat
Overheat atau keadaan saat suhu ponsel melebihi suhu standar umumnya terjadi saat kamu menggunakan ponsel untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan komponen perangkat bekerja dalam kapasitas tinggi, atau menggunakan perangkat di bawah sinar matahari langsung.
 
4. Memori tidak cukup
Penyebab lain ponsel tidak bisa diaktifkan adalah kapasitas ruang penyimpanan ataupun RAM yang tidak mencukupi. Memori perangkat yang harus menampung beban berat akan menyulitkannya untuk beroperasi dengan baik.
 
5. Baterai rusak
Baterai pada ponsel dapat rusak akibat kamu terlalu sering menggunakan perangkat untuk bermain game atau streaming video sambil mengisi daya baterai. Hal ini juga berpengaruh pada kemampuan ponsel sehingga ponsel tidak bisa diaktifkan jika baterai rusak.
 
Berikut beberapa cara untuk mengatasi smartphone yang tidak dapat diaktifkan atau mati mendadak.
– Isi daya hp selama 15 hingga 20 menit.
– Coba gunakan kabel atau pengisi daya berbeda dari alat bawaan perangkat .
– Periksa kemampuan baterai dalam menerima daya.
– Tekan tombol daya dalam jangka waktu lama.
– Keluarkan baterai dan mengeceknya jika memungkinkan.
– Restart HP.
 

(MMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *