Cepat dan Kuat, Kata Zelensky Saat Pasukannya Rebut Kembali Wilayah dari Rusia

Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukannya membuat langkah cepat di Ukraina selatan. Ia mengklaim pasukannya berhasil merebut kembali puluhan desa dari Rusia pekan ini.
 
“Tentara Ukraina cukup cepat dan kuat maju di selatan,” kata Zelensky, dilansir dari AFP, Rabu, 5 Oktober 2022.
 
Ia menambahkan bahwa “puluhan pemukiman” telah direbut kembali di selatan dan timur. Beberapa wilayah diambil kembali di wilayah Kherson, Lugansk dan Donetsk, di mana referendum diadakan minggu lalu untuk dianeksasi oleh Rusia.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kiev dan Barat mencela referendum tersebut palsu. 
 
Zelensky mengutip delapan pemukiman di wilayah Kherson selatan, di mana pasukan Moskow telah mundur dalam menghadapi serangan balasan Ukraina, menurut peta yang disajikan oleh kementerian pertahanan Rusia kemarin.
 
Peta terbaru yang diungkapkan oleh Moskow menunjukkan bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan banyak daerah di Kherson termasuk di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper.
 
Di wilayah Kharkiv, pemetaan menunjukkan bahwa pasukan Rusia hampir seluruhnya meninggalkan tepi timur Sungai Oskil. “Tentara kami tidak berhenti. Dan hanya masalah waktu sebelum kami mengusir penjajah dari seluruh tanah kami,” kata Zelensky.
 
Sementara itu, dua kamar parlemen Rusia sudah menyetujui dokumen perjanjian tentang empat wilayah Ukraina yang bergabung dengan wilayah Rusia.
 
Presiden Rusia Vladimir Putin akan menandatanganinya menjadi undang-undang. Amandemen yang diperlukan untuk konstitusi Rusia juga akan dibuat karena menetapkan jumlah wilayah negara dan masalah organisasi teritorial lainnya.
 
Baca juga: Disetujui Parlemen Rusia, Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina Segera Diresmikan
 

(FJR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *