Mie Sedaap Ditarik dari Peredaran di Malaysia, Simak 4 Fakta Etilen Oksida: Untuk Racun Serangga?

Suara.com – Etilen oksida jadi sorotan karena disebut terkandung di Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dan Mi Sedaap Korean Spicy Soup. Akibatnya Mie Sedaap ditarik dari peredaran di Malaysia.

Public Health Malaysia, mengklaim etilen oksida adalah bahan kimia yang umumnya digunakan sebagai racun serangga. Sehingga masyarakat Malaysia, diminta segera melapor jika menemukan produk keluaran Wings Food Indonesia di pasaran.

“Isu Penarikan Semula Produk Mi Sedaap Yang Mengandungi Ethylene Oxide atau racun serangga perosak,” tulis @health_malaysia dikutip suara.com, Sabtu (8/10/2022).

Beberapa batch yang ditarik yaitu Mi Sedaap Korean Spicy Chicken dengan batch kedaluwarsa 21/5/23. Untuk Mi Sedaap Korean Spicy Soup dengan batch kedaluwarsa 17/3/23.

Baca Juga:
Setelah Singapura dan Hong Kong, Kini Giliran Malaysia Tarik Mie Sedaap dari Peredaran

Lantas, sebenarnya apa sih sebenarnya etilen oksida? Berikut ini 4 fakta etilen oksida, mengutip Hello Sehat berdasarkan penjelasan dr. Andreas Wilson Setiawan

1. Bahan Kimia Sangat Berbahaya

Etilen oksida adalah salah satu zat berbahaya yang umnya digunakan dalam produksi obat-obatan, busa poliuretan, perekay deterjen, bahan tekstil, dan pelarut.

Dalam dunia medis, turunan etilen ini juga digunakan untuk sterilisasi alat medis, alat bedah, dan produk medis lainnya. Mirisnya saat digunakan, bahan kimia ini juga menyebabkan tempat kerja jadi beracun.

“Terutama jika pekerja terluka melalui kontak kulit atau polusi udara yang mengandung etilen oksida,” ujar dr. Andreas.

Baca Juga:
Singapura Tarik Produk Mie Sedaap karena Kandungan Pestisida Etilen Oksida, Ini Pembelaan Wings Group

2. Masuk Sebagai Bahan Penyebab Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *