Diduga Mie Sedaap Mengandung Racun Serangga Perusak, Pemerintah Malaysia Tarik Peredaran Produk dari Pasaran

SuaraBandungBarat.id – Diduga dua produk Mie Sedaap asal Indonesia, Korean Spcy chiken dan Mie Sedaap Korean Spicy Soup, ditarik peredarannya di Malaysia karena kedapatan mengandung etilen oksida bahan kimia untuk membunuh serangga.

Isu penarikan dua produk mie asal Indonesia itu terungkap setelah beredar cuitan di media sosial dari akun resmi Public Health Malaysia @health_malaysia dalam tulisanya, ”agar masyarakat melaporkan segera jika menemukan mie instan asal indonesia yang mengandung Ethylene Oxide atau racun serangga perusak”.

Menurut Public Health Malaysia, penarikan Mie Sedaap ini memiliki batch khusus. Untuk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dengan batch kedaluwarsa 21/5/23. Untuk Mi Sedaap Korean Spicy Soup dengan batch kedaluwarsa 17/3/23.

“Jika ditemui produk batch ini, segera laporkan ke Pejabat Kesihatan terdekat,” sambungnya.

Baca Juga:Surat dari FIFA Jadi Bukti Lemahnya Pemahaman Aparat Kepolisian, Diminta Belajar Soal Protokol dan Prosedur Pengamanan

Diketahui, Dr. Andreas Wilson Setiawan dalam penjelasannya mengatakan yang dikutip dari Hello Sehat bahwa etilen oksida merupakan zat yang sangat berbahaya yang biasa digunakan uruk memproduksi obat obatan, perekat, deterjen, textil atau pelarut.

“Sementara itu etilena glikol (turunan dari etilen oksida) biasa digunakan untuk mensterilkan peralatan beda atau peralatan medis lain,” jelas dr Andreas. 

Sangat beresiko jika sedikit saja menelan etilen oksida dapat menyebabkan  nyeri dan sakit perut.

“Paparan etilen oksida, meskipun sedikit, dapat meningkatkan risiko bahaya kesehatan. Seperti, penglihatan kabur, kesulitan bernapas, kanker payudara, dan masalah pada sistem saraf,” tutup dr. Andreas.

sumber: suara.com

Baca Juga:Pengacara Sebut Rizky Billar Pertanyakan Kenapa Lesti Kejora Laporkan Kasus KDRT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *