Anies Pastikan DKI Telah Bersiap Hadapi Curah Hujan Ekstrem

Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebagian wilayah Indonesia akan menghadapi curah hujan disertai angin kencang dan petir selama sepekan ke depan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pihaknya bersiap menghadapi curah hujan esktrem tersebut.
 
“Kita sudah siapkan semua fasilitas sebelum terjadinya hujan,” ujar Anies di Jakarta, Sabtu, 8 Oktober 2022.
 
Anies menerangkan segala peralatan dan sumber daya dikerahkan ke daerah-daerah yang berpotensi banjir karena merupakan daerah cekungan. Ia berharap dengan disiagakannya peralatan pengendalian banjir seperti pompa, akan mempercepat penanganan banjir.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies menjelaskan saluran air, sungai, dan waduk di Jakarta mampu menghadapi curah hujan hingga 150 mm. Namun, dalam kondisi cuaca ekstrem, curah hujan yang turun seringkali lebih dari jumlah tersebut, sehingga menyebabkan banjir di berbagai tempat. 
 
“Bsa dibayangkan volume air yang tergenang yang kemudian menimbulkan banjir. Kita antisipasi dengan menyiapkan semua infrastruktur untuk bisa menangani cepat bila terjadi genangan akibat hujan ekstrem yang sangat intensif,” tutur dia.
 

(LDS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *