Jika Transparan ke KPK, Kasus Lukas Diyakini Lekas Selesai

Jakarta: Transparansi diperlukan dalam kasus dugaan rasuah Lukas Enembe. Gubernur Papua itu didorong terbuka agar kasusnya tak berlarut.
 
“Pak Lukas harus memberikan informasi secara transparan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar kasusnya segera terselesaikan,” ujar tokoh masyarakat Wali Papua, Buce Wali, melalui keterangan tertulis, Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Menurut dia, Lukas cenderung tertutup bahkan menghindari pemeriksaan oleh KPK. Hal tersebut terlihat dari narasi mangkir karena sakit dan pemeriksaan di ruang terbuka dan disaksikan publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Buce, hal tersebut tak relevan untuk menuntaskan kasus hukumnya. Lukas harus berani bertanggung jawab atas perbuatannya denga memberi keterangan terkait dugaan rasuah terkait dirinya.
 

“Lukas Enembe harus berani bertanggung jawab dan menerima segala risiko serta tidak mengorbankan masyarakat Papua“, ungkap Buce.
 
Lukas diminta mempercayakan penegakan hukum pada KPK. Pihak berwajib disebut telah menyempatkan sesuai standar untuk proses hukum Lukas, termasuk mengenai tempat pemeriksaan.
 
Buce menilai penyiapan tempat pemeriksaan dan komponen terkait lain dijamin hukum yang berlaku. Dia meminta Lukas tak khawatir karena jelas diperlakukan secara manusiawi.
 
Di sisi lain, KPK diminta tegas menerapkan aturan terkait untuk memproses Lukas. “Kasus Lukas Enembe itu harus diproses, ketika Lukas Enembe terbukti bersalah maka harus mendapat hukuman,” ujar Buce.
 
Sebelumnya, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto, mengatakan KPK masih mengatur waktu yang pas untuk memanggil Lukas Enembe. Hal ini sebagai strategi KPK untuk memeriksa Lukas Enembe.
 
Karyoto mengatakan rencana ini juga dilakukan untuk menentukan suasana yang pas saat pemeriksaan Lukas. Lembaga Antikorupsi rutin berkomunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mempertimbangkan situasi yang pas untuk meminta keterangan kepada Lukas.
 

(ADN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *