Kapolda Jatim Didorong Memberi Penjelasan Rinci Tragedi Kanjuruhan

Jakarta: Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta didorong memberi penjelasan terkait tragedi Kanjuruhan. Utamanya terkait alur komando.
 
“Saya kira perlu juga Kapolda dimintai penjelasan terkait dengan alur komando (line of command) serta bagaimana polda memberikan supervisi atas rencana pertandingan tersebut,” kata guru besar politik dan keamanan Universitas Padjajaran Muradi saat dikonfirmasi, Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Menurut dia, penjelasan rinci Kapolda Jatim terkait peristiwa yang menewaskan 131 orang itu sangat penting. Peran Polda Jatim, kata Muradi, sangat krusial dalam memberi supervisi dan mengamankan pertandingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pertanyaannya adalah apakah Polda atau pimpinan Polda telah melakukan hal tersebut? Jika sudah sejauh mana itu bisa terukur,” kata Muradi.
 

Jika belum, ujar dia, mengata tidak dilakukan. Muradi menyebut proses pengamanan mestinya telah diperhitungkan. Termasuk, memprediksi skenario terkait hasil pertandingan Persebaya-Arema.
 
Jangan sampai, kata dia, Polda Jatim lepas tangan sebagai pihak yang terlibat langsung dan aktif melakukan supervisi. “Dengan demikian tuntutan publik juga bisa terakomodir terkait perlunya kapolda bertanggungjawab atas tragedi Kanjurahan tersebut,” kata Muradi.
 
Polri telah menetapkan enam tersangka dalam insiden kerusuhan yang terjadi pascapertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya. Peristiwa itu menewaskan 131 orang.
 
Tiga tersangka dari sipil diduga melanggar ketentuan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) juncto Pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Sedangkan, tersangka dari unsur kepolisian disangkakan melanggar ketentuan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.
 
Selain itu, 20 anggota Polri diduga melanggar kode etik profesi Polri (KKEP) dan telah diproses. Mereka terdiri dari personel Polres Malang dan anggota di lingkungan Satuan Brimob Daerah (Satbrimobda) Jawa Timur.
 

 

(ADN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *