Siapakah Joko Kendil? Si Pengelana Misterius yang Disebut Penunggang Macan Putih

Media sosial dihebohkan dengan sosok pria berjuluk Joko Kendil. Pria misterius bak pendekar ini merupakan musafir yang berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain.

Selama menjalani hidup sebagai musafir, Kendil berjalan tanpa alas kaki. Banyak yang menyebut bahwa pria berusia 41 tahun tersebut meunggangi macan putih selama berkelana.

Di setiap titik perjalanan, pria paruh baya tersebut sering kali diserbu oleh para warga.

Momen ketika Joko Kendil yang sedang diserbu oleh para warga dapat dilihat melalui unggahan akun Instagram @kabarnegri pada Minggu (9/10/22).

Baca Juga:Kisah Miris di Balik Viralnya Tiara Kartika Dijuluki Anak Kuntilanak

“Joko Kendil saat diserbu warga yang ingin melihat, berbagi rezki, dan sekadar foto bersama,” keterangan yang ditulis akun pengunggah video.

Melalui video tersebut, dapat terlihat momen ketika Joko Kendil sedang bersalaman dengan seorang wanita. Sang wanita tampak memberikan sejumlah uang kepada pria berjuluk Joko Kendil tersebut.

Melalui keterangan, dapat diketahui informasi bahwa pria yang sudah melakukan perjalanan bak musafir sejak 19 tahun ini sering kali menyerukan kalimat “Rahmat Gusti Allah turun, Gusti Allah maha welas”, saat dirinya mendapatkan rezeki dari warga.

“Pria yang selalu menyebut Rahmat Gusti Allah turun, Gusti Allah moho welas asih saat dirinya mendapat rezeki, semoga bapak ini sehat selalu tercapai apa yang selama ini di cita-citakan,” keterangan yang ditulis akun pengunggah video.

Video ini sontak saja menjadi sorotan dari warganet. Warganet mengungkapkan pro kontra atas kehadiran sosok berjuluk Joko Kendil tersebut.

Baca Juga:Chat WA Brigadir J ke Putri Candrawathi, Minta Senjatanya Dikembalikan

Belakangan diketahui bahwa Joko Kendil tidak lain dari Kusnan. Pria yang kerap menggunakan pakaian serba hitam itu dipercaya oleh sebagaian warga bahwa Joko Kendil memiliki kekuatan spiritual.

Warganet menyebut jika Joko Kendil ini memiliki kemampuan berjalan kaki secara cepat dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Lalu siapakah Joko Kendil ini sebenarnya?

Joko Kendil memiliki nama asli yaitu Kusnan. Berasal dari Dusun Ngramut, Kelurahan Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan.

Pria berusia 41 tahun tersebut telah menjadi musafir (melakukan perjalanan jauh) sejak dirinya masih berusia 19 tahun.

Menurut sang ayah, Kusnan atau Joko Kendil ini sudah lama tidak pulang karena ketempelan.

“Anakku sudah bertahun-tahun enggak pulang. Itu nama aslinya Kusnan tapi ketempelan tak pernah pulang,” ucap ayah dari Kusnan dalam sebuah wawancara, yang seperti dikutip oleh SuaraCianjur.id.

Kusnan melakukan perjalanan seperti musafair disebabkan karena adanya dorongan dari sang guru, seorang Kyai dari Demak.

“Dapat wejangan dari guru saya, Kyai Hadi Guntur dari Demak,” ungkap Kusnan alias Joko Kendil. 

Joko Kendil mengaku jika untuk keperluan pribadi seperti mandi dan buang air, Ia lakukan dimasijid dimana ia beristirahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *