BPBD Sukabumi Pastikan Gempa Bayah Tidak Menimbulkan Kerusakan

Sukabumi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memastikan tidak ada kerusakan bangunan baik rumah warga maupun fasilitas umum yang disebabkan getaran gempa dengan magnetudo (M) 5,5 yang berpusat di Kabupaten Bayah, Banten.
 
“Hingga Minggu malam atau sekitar pukul 21.00 WIB kami belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Bayah tersebut dan dipastikan gempa ini tidak mengakibatkan kerusakan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi, Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Meskipun tidak ada kerusakan bangunan di Kota Sukabumi, Imran menginstruksikan para petugas di setiap kecamatan untuk bersiaga. Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada khawatir terjadi gempa susulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Banten, Ini Penyebabnya
 
Warga juga diminta tidak percaya kepada informasi yang tidak jelas sumbernya, apalagi sampai ikut menyebarkan di media sosial yang bisa menimbulkan kepanikan.
 
“Seluruh elemen masyarakat harus selalu waspada dan siaga, di tengah kondisi cuaca yang ekstrem seperti sekarang ini tidak hanya gempa, tetapi berpotensi terjadinya bencana banjir, longsor dan lainnya,” tambahnya.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan M 5,5 tersebut berpusat di 7.09 lintang selatan (LS),106.08 bujur timur (BT) sekitar 26 km barat daya, Kabupaten Bayah, Banten. Pusat gempa ada 12 km di bawah permukaan laut.
 
Kemudian disusul dengan gempa M 2,2 sekitar pukul 19.3 WIB yang berpusat di 6.71 LS, 106.64 BT 21 km barat daya Kota Bogor, Jabar dengan kedalaman 11 km.
 

(NUR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *