Perjalanan Karier Enock Mwepu hingga Memilih Pensiun Dini dari Klub Sepak Bola Brighton

Indotnesia – Pemain gelandang klub sepak bola Brighton, Enock Mwepu mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola di usianya yang masih 24 tahun pada Senin (10/10/2022).

Lewat akun Instagram pribadinya @enockmwepu, pemain asal Zambia tersebut mengunggah ucapan perpisahannya dalam sebuah kalimat panjang.

“It is with sadness therefore that I announce the need to hang up my boots because of the medical advice I have received. This is however not the end of my involvement with football as I hope to continue supporting the team in other ways,” tulisnya.

Dalam unggahan tulisan yang berjudul “To The Football Association of Zambia” itu, Enock mengungkap alasannya gantung sepatu dari dunia sepak bola lantaran alasan kesehatan.

Baca Juga:Rekomendasi Mie Ayam di Yogyakarta, dari yang Manis hingga Bertabur Kulit Ayam

Diketahui, ia didiagnosis menderita penyakit jantung herediter yang menuntutnya agar tidak terlalu memforsir fisiknya.

Meski begitu, Enock Mwepu rencananya tetap akan terlibat di sepak bola meski kapasitasnya bukan sebagai pemain.

Lalu, bagaimana awal mula karier Enock Mwepu hingga akhirnya memutuskan untuk memilih pensiun dini dari klub sepak bola Brighton?

Perjalanan Karier Enock Mwepu

Enock Mwepu lahir pada 1 Januari 1998. Ia awalnya dikenal sebagai pemain sepak bola profesional klub Kafue Celtic yang bermain sebagai gelandang selama musim 2015-2016.

Baca Juga:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana

Setelah memulai karier di negara asalnya Zambia, Afrika Selatan, Enock menandatangani kontrak dengan klub Australia Red Bull Salzburg pada tahun 2017 dan bermain dalam Austrian Football First League.

Selama musim 2019-2020, mantan kapten klub sepak bola Zambia tersebut berhasil membawa Salzburg menang dari Liverpool dengan skor 4-3 pada ajang UEFA Champions League di Stadion Anfield Liverpool, Inggris.

Lalu, pada 18 Desember 2019, Enock Mwepu memperpanjang kontrak dengan klub sepak bola Salzburg hingga musim panas 2024.

Karier Enock makin bersinar saat ia mulai bergabung dengan klub sepak bola Liga Premier Brighton & Hove Albion pada 6 Juli 2021 dengan masa kontrak selama empat tahun.

Selama berada dalam tim tersebut, Enock berhasil mencetak gol saat laga kemenangan persahabatan pra-musim dengan skor 3-1 di Luton Town.

Pemain gelandang tersebut kemudian membuat debut kompetitifnya di Albion pada 14 Agustus dalam pertandingan pembukaan musim 2021-2022.

Sebagai pemain muda, Enock Mwepu dikenal memiliki awal yang lambat hingga 2022 karena cedera dan sakit.

Setelah berhasil jatuh bangun dan membaik dari cedera, ia masih berkesempatan untuk bermain dalam sejumlah permainan serta mencetak gol.

Dalam pertandingan terakhir musim ini, Enock Mwepu berhasil pulih untuk tampil sebagai pemain pengganti dengan kemenangan kandang 3-1 atas West Ham.

Hingga akhirnya pada 10 Oktober 2022, Enock memutuskan pensiun dini dari dunia sepak bola profesional pada usia 24 tahun karena alasan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *