Orang Tua Bakal Anti Khawatir, Ini Aplikasi Terbaik Memantau Anak

Jakarta: Tidak jarang orang tua tak selalu memantau apa yang anak mereka lakukan. Perkembangan semakin maju, kini kamu sebagai orang tua bisa memantau anak melalui aplikasi, lho!

Aplikasi kontrol anak bertujuan untuk memantau kegiatan sang buah hati yang sedang bermain dengan gadget. Orang tua dapat melakukan aktivitas seperti pembatasan waktu, melacak lokasi, dan blokir aplikasi-aplikasi yang anak tidak boleh buka.

Cara kerja aplikasi kontrol anak juga disesuaikan dengan kontrol orang tua juga, di mana hanya mereka yang dapat mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perlindungan anak selama memainkan gadget.

Selain itu, aplikasi kontrol anak juga bisa menunjukkan segala aktivitas pada anak dengan fitur snapshot secara real-time dan akan masuk pemberitahuan jika sang buah hati mengakses hal berbahaya pada gadget.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi kontrol anak, berikut Medcom.id berikan rekomendasi aplikasi kontrol anak terbaik untuk sang anak:

 

1. Net Nanny

Net Nanny menawarkan teknologi penyaringan web terbaik untuk memastikan situs apa saja yang dikunjungi oleh anak yang sesuai dan aman. Teknologi Net Nanny menggunakan kontekstualisasi serta pemindaian normal, yang bisa membuat anak hanya dapat mengakses website ramah anak.

Net Nanny juga dapat memberi tahu apa yang anak lakukan secara real-time jika sang buah hati ingin mengakses website yang seharusnya tidak diperkenankan dibuka oleh anak. Selain itu, aplikasi ini juga terdapat pembatasan waktu.

Meskipun memiliki kelebihan yang unggul, namun Net Nanny juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat memantau pesan teks dan panggilan. Sehingga orang tua perlu mengawasi melalui pesan teks dan panggilan pada gadget anak. Net Nanny bisa kamu dapatkan dengan harga Rp1,2 juta.

 

Qustodio

Aplikasi ini menawarkan pelacakan lokasi sekaligus dengan banyak anggota, bukan satu per satu dilihat. Pemantauan lokasi akan diperbarui secara otomatis dan menyediakan data waktu nyata saat anak berpindah lokasi.

Selain itu, Qustodio dapat melakukan pembatasan waktu layar, pemantauan web, dan menawarkan pencatatan panggilan dan teks (khusus Android).

Kekurangan Qustodio adalah harganya yang cenderung mahal jika menambah perangkat dan pemantauan konten tidak begitu luas. Qustodio dibanderol dengan harga per 5 perangkat sekitar Rp825 ribu.

 

Bark

Jika anakmu sudah lebih dewasa dan dapat mengakses media sosial, bark menawarkan opsi terbaik untuk memantau semua yang digunakan remaja berpikiran digital.

Bark dapat memantau seluruh aktivitas dan dapat diakses melalui dasbor keluarga, mulai dari memilah situs yang tidak sesuai, mengaktifkan batas waktu layar, hingga memantau konten aplikasi dan peringatan lokasi.

Namun, aplikasi ini tergolong mahal dengan harga Rp210 ribu perbulannya. Selain itu, Bark juga tidak menawarkan lokasi pada waktu yang real-time.

 

4. Google Family Link

Tidak punya biaya yang cukup untuk membayar aplikasi berbayar? Tenang saja, kamu bisa menggunakan Google Family Link.

Google Family Link menawarkan aplikasi kontrol orang tua secara gratis dengan fitur manajemen waktu layar dan menyarankan aplikasi yang mungkin disukai oleh anak-anak. Aplikasi ini juga mengaktifkan pemilahan situs web untuk menghindari konten berbahaya.

Namun, meskipun gratis, memang Google Family Link tidak menawarkan fitur yang banyak seperti aplikasi berbayar lainnya. Jika kamu hanya membutuhkan fitur filter situs dan manajemen layar waktu, Google Family Link bisa menjadi solusi.

Nandhita Nur Fadjriah

 
(FIR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *