Bila Asam Lambung Menyerang, Beberapa Makanan Ini Bisa Membantu

Jakarta: Makanan pedas atau digoreng serta minuman seperti kopi, soda, dan jus asam sering kali berada dalam daftar yang tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung. Pasalnya, makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan risiko gejala GERD.

“Diet memainkan peran utama dalam mengendalikan gejala refluks asam dan merupakan terapi lini pertama yang digunakan untuk penderita GERD,” jelas Ekta Gupta, M.B.B.S., M.D., ahli gastroenterologi dengan Johns Hopkins Medicine. 

Mungkin banyak orang yang tidak dapat sepenuhnya menghilangkan makanan-makanan tadi. Tapi paling tidak Gupta menyarankan untuk menghindari makanan tersebut pada malam hari menjelang waktu tidur. 

Sebaliknya, ada banyak makanan yang juga bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah asam lambung, seperti:

 

Makanan berserat tinggi

Makanan berserat bisa membuat merasa kenyang sehingga cenderung tidak makan berlebihan, yang dapat menyebabkan mag. Makanan berserat sehat ini meliputi:

– Biji-bijian utuh seperti oatmeal, couscous dan beras merah.

– Sayuran akar seperti ubi jalar, wortel dan bit.

– Sayuran hijau seperti asparagus, brokoli dan kacang hijau.

 

Makanan alkali

Makanan jatuh di suatu tempat di sepanjang skala pH (indikator kadar asam). Mereka yang memiliki pH rendah bersifat asam dan lebih mungkin menyebabkan refluks. Sementara, mereka yang memiliki pH lebih tinggi bersifat basa dan dapat membantu mengimbangi asam lambung yang kuat. Makanan alkali meliputi: pisang, melon, kol, dan kacang-kacangan.
 

Makanan berair

Makan makanan yang banyak mengandung air dapat mengencerkan dan melemahkan asam lambung. Pilih makanan seperti: seledri, timun, selada, semangka, sup berbasis kaldu, teh herbal.



(Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bahwa minum cuka sari apel bekerja untuk asam lambung, banyak orang mengatakan itu membantu. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Obat rumahan sakit mag

Orang dengan mulas biasanya mencari antasida, obat bebas yang menetralkan asam lambung. Tetapi makan makanan tertentu juga dapat meredakan gejala. Mau coba yang berikut ini?

Susu

Susu tanpa lemak dapat bertindak sebagai pencegah asam lambung. Penyangga sementara antara lapisan lambung dan isi lambung yang asam serta memberikan bantuan langsung dari gejala mulas. Yogurt rendah lemak juga memiliki kualitas menenangkan yang sama dengan dosis probiotik yang sehat (bakteri baik yang meningkatkan pencernaan).

Jahe

Jahe adalah salah satu alat bantu pencernaan terbaik karena khasiat obatnya. Ini bersifat basa dan anti-inflamasi, yang memudahkan iritasi pada saluran pencernaan. Cobalah menyesap teh jahe saat merasa mulas datang.

Cuka sari apel

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bahwa minum cuka sari apel bekerja untuk asam lambung, banyak orang mengatakan itu membantu. Namun, kamu tidak boleh meminumnya dalam konsentrasi penuh karena ini adalah asam kuat yang dapat mengiritasi kerongkongan. Sebagai gantinya, masukkan sedikit ke dalam air hangat dan minumlah setelah makan.

Air lemon

Jus lemon umumnya dianggap sangat asam, tetapi sejumlah kecil jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu memiliki efek alkali yang menetralkan asam lambung. Juga, madu memiliki antioksidan alami, yang melindungi kesehatan sel.

Segera ke dokter

Jika mengalami mag dua kali atau lebih dalam seminggu dan perubahan pola makan tidak membantu, konsultasikan dengan dokter. GERD sering dapat diobati melalui kombinasi perubahan gaya hidup dan pengobatan. Tetapi gejala refluks yang persisten memerlukan evaluasi menyeluruh oleh ahli gastroenterologi yang dapat menemukan penyebab yang mendasarinya dan mendiskusikan pilihan pengobatan yang tersedia.
(yyy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *