Duh, Sudah Lima Pekan Banjir di Kotawaringin Belum Surut

Kotawaringin Timur: Banjir masih merendam Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Diketahui sudah lima pekan banjir belum kembali surut dan akibatnya aktivitas warga pun lumpuh total. 
 
Terhitung sudah lima pekan sejak 5 September 2022 hingga 11 Oktober 2022 banjir di wilayah Hanjalipan. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, kondisi banjir meluas di lima kecamatan dan 27 desa yang terdampak banjir.
 
Adapun Hanjalipan adalah yang terparah dan terdampak banjir karena lokasinya cukup rendah dan berada di bantaran sungai. 
 

Pemerintah di Kabupaten Kotawaringin Timur terus menyalurkan bantuan paket sembako yang dilakukan oleh perangkat desa dengan menggunakan perahu karena kedalaman air  mencapai hingga 1 meter. Adapun perangkat desa juga menghibur para warga saat  pembagian sembako dengan mendendangkan beberapa lagu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banjir ini begitu sudah surut ada hujan lebat banjir lagi. Harapan kita juga termasuk bisa bekerja sama dengan pemerintah bagaimana mengeruk sungai mentaya ini, nanti pengerukan itu terjadi sehingga arus air dari atas lebih cepat,” Ungkap Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Pada Rabu, 12 Oktober 2022
 
Beberapa warga juga mengeluhkan beberapa penyakit yang mulai muncul akibat banjir. Pemerintah kabupaten secara bertahap mengupayakan pengerukan Sungai Mentaya yang mengalami penyempitan agar arus air agar mengalir lebih cepat dan banjir tidak lama merendam desa. 
 
(Mustafidhotul Ummah)

 

(WAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *