Partai Buruh Usung Anies di DKI, Minta Duet dengan Ahok, Rano Karno

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Partai Buruh resmi menyatakan sikap mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli mengatakan keputusan usungan itu telah disepakati oleh presiden Partai Buruh dan seluruh jajaran.

“Sesuai dengan surat keputusan Exco (Executive Committee) pusat tentang persetujuan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Daerah Khusus Jakarta memberikan persetujuan kepada calon gubernur Anies Rasyid Baswedan,” kata Ferri dalam konferensi pers di Kawasan Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Ferri menjelaskan Partai Buruh menyiapkan empat opsi terkait calon wakil gubernur alternatif yang akan mendampingi Anies memperebutkan kursi Jakarta 1.

Ia juga menyebut Partai Buruh telah menyiapkan empat surat keputusan untuk mengakomodir keempat opsi tersebut.

Pertama, kata dia, Partai Buruh mendukung Anies berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai cawagub.

“Keputusan kedua kami tujukan untuk gubernur tetap kepada Pak Anies Rasyid Baswedan untuk calon wakil gubernur kami usungkan haji Rano Karno,” tutur dia.

“Ketiga untuk calon gubernur nama haji Anies Rasyid Baswedan dan untuk calon wakil gubernur kami berikan kami percayakan kepada haji Hendrar Prihadi,” sambungnya.

Untuk SK keempat, Partai Buruh masih mengosongkan sosok yang akan menjadi cawagub mendampingi Anies.

Ferri menyebut sosok cawagub alternatif keempat tersebut dapat diisi berdasarkan kesepakatan dengan partai koalisi yang akan terbentuk.

Berdasarkan keputusan MK dalam gugatan perkara nomor 60/PUU-XXII/2024, Partai Buruh dapat mengusung sosok cagub-cawagub di Pilkada meski tak memperoleh kursi DPRD.

Namun, Partai Buruh harus memenuhi 7,5 persen suara hasil pemilihan legislatif sebelumnya untuk dapat mengusung calon di Pilkada Jakarta 2024.

Oleh karena itu, Partai Buruh wajib mendapatkan rekan koalisi dengan akumulasi suara melebihi 7,5 persen hasil pemilihan sebelumnya agar dapat mengusung. (cnni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *