Investor Asing China Bangun Hotel-Perkantoran di IKN, Tanam Modal Rp 500 M

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking di kawasan proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) dari investor China Delonix Group dengan nilai investasi Rp 500 miliar. Kawasan ini akan dibangun hotel, pusat perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

“Pada kesempatan baik ini akan dilakukan groundbreaking investasi properti mixed used dari Delonix Nusantara untuk investor yang berasal dari China,” kata Jokowi saat peresmian di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Jokowi mengatakan saat ini mulai berdatangan investor asing yang ingin menanamkan modal di IKN. Ia menyebut hal ini membuat IKN menjadi lokasi yang semakin diminati.

“Artinya kelihatan sekali bahwa mulai berdatangan investasi dari mancanegara yang memberikan kepercayaan rasa confident kita bahwa Nusantara adalah lokasi yang sangat menarik bagi sebuah investasi,” ujarnya.

Jokowi membeberkan Delonix Group akan membangun hotel hingga pusat perbelanjaan di atas lahan 2.400 meter persegi. Dengan fasilitas apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran, pusat olahraga dan kebugaran di kawasan IKN ini.

“Dengan investasi di IKN ini, Delonix Group masuk sebagai perusahaan asing perintis yang berinvestasi di IKN dan ini akan membawa dampak kepercayaan pada investor lain untuk segera masuk ke IKN,” ujarnya.

Jokowi kembali menekankan harga tanah di IKN yang semakin mahal ke depan. Ia mengatakan harga tanah di IKN saat ini masih terbilang murah. Menurutnya, bisa saja harga tanah akan naik berkali-kali libat di masa datang.

“Hati-hati, harga tanah memang sekarang masih murah, harga tanah masih murah pada tahun ini. Tapi tahun depan kita tidak tahu, harga tanah bisa lipet dua kali, lipet 3 kali, lipet 5 kali, lipet 10 kali. Jadi perlu saya ingatkan, kalau mau berinvestasi, tahun ini,” ujarnya. (dtk)