Wamenhan Herindra Jalani Tes di DPR untuk Jadi Kepala BIN Gantikan BG

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI (Purn) M Herindra menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR pada Rabu (16/10) siang ini untuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Berdasarkan pantauan, saat tiba di kompleks parlemen, Herindra langsung menuju Gedung Nusantara II didampingi tiga Wakil Ketua DPR yakni Sufmi Dasco, Saan Mustopa, dan Cucun Syamsurijal.

Herindra tidak memberikan keterangan apapun saat tiba.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan bagi Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“InsyaAllah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu InsyaAllah besok pagi di DPR,” kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

Puan mengatakan Herindra ditunjuk oleh Presiden Jokowi tertuang dalam surat presiden (Surpres) Nomor R51 tanggal 10 Oktober perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN.

Herindra kini masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Jika terpilih sebagai Kepala BIN, maka ia akan menggantikan Budi Gunawan yang telah menjabat kepala BIN sejak 2016 lalu.

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jendral dengan jabatan terakhir keprajuritan sebagai Kasum TNI. (cnni)