Genshin Impact Usia Setahun, Raup Rp14 Triliun Dalam 6 Bulan

JAKARTA – Genshin Impact tak disangka telah memasuki usia satu tahun pada pekan ini. Game ini hadir saat pandemi, menyelamatkan jutaan orang dari kebosanan lockdown untuk menjelajahi Teyvat, dunia fantasi Genshin Impact.

Genshin Impact adalah game gratis tentang seorang musafir misterius yang mencari saudara. Game ini memiliki karakter cerdas yang dirancang dengan rumit. Genshin Impact diluncurkan pada September 2020.

“Hampir seperti obat penyelamatan bagi orang-orang yang sangat kesepian dan ingin melakukan sesuatu dengan waktu mereka,” kata jurnalis video game dan teknologi Jess Weatherbed seperti dikutip CNN. Rabu (29/9/2021). “Saya terjebak di dalamnya dengan beberapa teman saya selama berbulan-bulan.”

Genshin Impact tersedia di PC, PlayStation, dan seluler, dan pengembang Mihoyo telah membuat pemain tetap tertarik dengan pembaruan game setiap beberapa minggu.

Rp14 Triliun

Terctat game ini telah menghasilkan lebih dari Rp14 triliun, dari pengguna ponsel saja, dalam enam bulan pertama, dan diperkirakan tiga juta orang bermain game setiap hari.

Pada paruh pertama tahun 2021, game ini menghasilkan lebih dari nama besar yang bisa dimainkan secara gratis. Termasuk universe Marvel atau Dragonball Z.

“Judul EA seperti FIFA cukup sering menghasilkan banyak uang, tapi itulah kekuatan EA di baliknya dan bertahun-tahun pemasaran video game,” kata Jess.

“Genshin benar-benar mengejutkan karena muncul begitu saja di tengah pandemi tanpa pemasaran, terutama di Barat.”

“Dalam hitungan minggu, itu ada di seluruh platform streaming populer seperti Twitch. Itu bisa idtemukan di sebagian besar ponsel dari kelompok usia tertentu. Praktis tidak pernah terdengar sebelumnya permainan itu. Tiba-tiba muncul entah dari mana dan sesukses itu.”

Uang itu diperoleh melalui pembelian item acak dalam game, seperti kotak jarahan. Itulah sebabnya game ini tidak sepenuhnya tersedia di tempat-tempat seperti Belgia, di mana hal-hal seperti ini dilarang karena dianggap sebagai bentuk perjudian.

“Mereka tidak ingin merasa seperti mereka ditipu dari uang mereka untuk bermain game. Tapi Anda bisa bermain game seperti Genshin tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dan itu adalah bagian dari daya tarik.”

Ini adalah model yang dikenal sebagai gacha, atau gachapon, dinamai dari mesin penjual mainan mahal yang ditemukan di Jepang.

Tentu, Anda dapat memainkan Genshin tanpa mengeluarkan uang sepeser pun – seperti yang dapat Anda lakukan dengan Fortnite – tetapi game ini akan berusaha menggoda pemain dengan item virtual terbarunya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *