Puluhan Rumah Adat Baduy di Desa Kanekes Ludes Diamuk Si Jago Merah

LEBAK – Kurang lebih 24 rumah warga suku adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak,  Banten, dilaporkan ludes dilalap si jago merah, Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

Lokasi kebakaran di Kampung Pasirhuni, dekatan pintu masuk berbatasan dengan Kampung Nanggerang, demikian dilaporkan suaranusantaranews.net-group siberindo.co.

Meski belum ada laporan terkait adanya korban jiwa, namun 24 rumah beserta isinya ludes terbakar. Akibatnya, warga Baduy mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Warga sekitar lokasi kejadian, Sakmad, menerangkan, api dengan cepat merembet dari satu rumah ke lain.

Selain jarak antarrumah berdekatan, seluruh bagian rumah suku Baduy terbuat dari bambu dan kayu sehingga mudah terbakar.

“kami hanya pasrah melihat kondisi ini. Selain jarak dengan sumber air jauh, api pun cepat merambat karena rumah terbuat dari bambu,” ujarnya.

Kebakaran ini, lanjutnya lagi, bukan kali pertamanya terjadi. Sejak tahun 1994, setidaknya sudah enam kali. terjadi kebakaran di beberapa kampung yang berbeda.

Kampung yang pernah terbakar itu Kadu Ketug, Keter,  Kadu Jangkung, Cikeusik, Cicakal Hilir, dan kini di Kampung Pasirhuni.

Ia menerangkan, penyebab kebakaran biasanya dipicu oleh tungku api atau lampu tempel yang disimpan di dinding.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada pihak berwajib yang dapat dikonfirmasi lebih lanjut. (Nom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *