Warga Cipta Green Mansion Keluhkan Kiriman Air dari KSB yang Tak Miliki Saluran Drainase

Avatar
Warga Cipta Green Mansion Keluhkan Kiriman Air dari KSB yang Tak Miliki Saluran Drainase. (eri)
Warga Cipta Green Mansion Keluhkan Kiriman Air dari KSB yang Tak Miliki Saluran Drainase. (eri)

 
Batam – Warga perumahan Cipta Green Mansion yang bersebelahan langsung dengan Kavling siap Bangun (KSB) yang berlokasi di Patam Lestari, Kecamatan Sekupang mengeluhkan adanya kiriman air hujan.

Pasalnya, setiap kali hujan turun, perumahan tersebut kerap kali mendapatkan kiriman air dalam kapasitas yang besar dari KSB disebelahnya yang dijadikan rumah-rumah kavling.

Parahnya lagi, air tersebut turut serta membawa material tanah dan lumpur bekas bukit yang dipotong secara asal-asalan tanpa memperdulikan dampak lingkungan yang akan muncul.

Salah seorang warga Cluster Green Forest di Perumahan Cipta Green Mansion, Zul mengatakan awalnya dia tidak menyangka akan mengalami kiriman air dari KSB ketika hujan turun. karena tidak ada saluran drainase.

“Di KSB tersebut tidak ada saluran drainase sehingga ketika turun hujan deras, air hujan akan turun ke perumahn Cipta Green Mansion termasuk ke rumah saya,” terang Zul.

Baja juga:  Semburan Awan Panas Gunung Merapi Capai 5 Kilometer

Tambah Zul, berbeda dengan di perumahan Cipta Green Mansion, didepan rumahnya terdapat saluran drainase yang cukup untuk menampung air di saat hujan turun dengan derasnya.

Namun, alangkah terkejutnya dia saat hujan turun dengan deras, rumahnya yang berada di posisi hook, terendam banjir.

Mirisnya, air hujan tersebut turut serta membawa lumpur dan tanah bekas potongan bukit dari KSB sebelah rumahnya.

“Airnya kotor karena bercampur dengan tanah dari lahan yang ada disebelah,” ungkapnya sambil menunjukkan asal muasal masuknya air dari lahan disebelah perumahannya, Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, rumah-rumah kavling yang ada di sebelah perumahannya tidak memiliki saluran drainase yang baik untuk mengalirkan air dikala hujan turun.

Rumah-rumah tersebut mengalirkan air dari pemakaian rumah tangganya langsung ketanah tanpa terlebih dahulu dialirkan ke saluran drainase.

Akibatnya, air dari rumah-rumah tersebut mengalirnya langsung ke perumahan Cipta Green Mansion karena lokasinya yang lebih rendah.

Baja juga:  Bawa Sabu dalam Dubur, 3 Orang Calon Penumpang di Hang Nadim Dibekuk Bea Cukai Batam

“Perumahan kami lebih rendah sedikit dari rumah-rumah kavling itu. Namun, apabila mereka memiliki drainase, saya rasa banjir ini tidak akan terjadi,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Pimpinan proyek Perumahan Cipta Green Mansion, Ahmad membenarkan keluhan yang dialami oleh warganya.

“Dari pihak perumahan akan ke BP Batam dan Pemko Batam untuk meminta solusi perihal permasalahan drainase,” ujarnya. (Eri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *