Jalani Toxic Relationship? Begini Cara Mengatasinya

Avatar

Jakarta – Dalam menjalin suatu hubungan dengan seseorang pertengkaran dan perbedaan pendapat merupakan hal yang normal terjadi. Hal ini karena tidak ada dua orang yang sama persis, dimana perbedaan cara pandang tersebut malah menimbulkan salah persepsi.

Kemudian, pertengkaran demi pertengkaran tak lagi bisa dihindari. Tapi apakah kamu tahu kalau hubungan tersebut sudah tidak lagi sehat atau toxic relationship.

Lantas bagaimana menyelamatkan hubungan tersebut, apalagi kalau kamu masih mencintai si pujaan hati. Untuk memperbaiki hubungan yang toxic kamu dan pasangan bersedia menghadapi fakta, mengakui kesalahan dan mau mengubah perilaku.

Ungkapkan dengan jujur

Langkah pertama beri kesempatan agar pasangan bisa mengungkapkan semua hal yang ia rasakan selama menjalani hubungan, baik positif maupun negatif. Jangan menyela ketika pasangan sedang berbicara. Namun, cobalah untuk membuat pasangan Kamu merasa aman dan didengarkan saat sedang berbicara. Begitu juga sebaliknya, saat Kamu yang berbicara.

Baja juga:  Cegah Korupsi Sejak Dini dengan Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah
(Freepik)

Bangun kembali rasa percaya diri

Orang-orang yang berada dalam hubungan beracun dalam waktu lama, seringkali menemukan jika mereka telah kehilangan rasa percaya diri. Tidak heran jika mereka merasa rendah diri, tidak pantas, cemas, marah, stres dan bahkan depresi.

(Freepik)

Oleh karena itu, ini saatnya bagi kamu untuk membangun kembali harga diri dengan berpartisipasi dalam aktivitas yang disukai, memperluas lingkaran sosial dan melakukan perawatan diri. Jika pasangan mencoba membatasi kamu melakukan hal-hal ini, jangan ragu untuk segera mengakhiri hubungan tersebut.

Terapi bersama

Pertimbangkan untuk melakukan terapi bersama pasangan. Pihak ketiga yang profesional dan objektif bisa membantu masalah yang dihadapi oleh Kamu dan pasangan. Terapis akan membantu Kamu dan pasangan untuk berbicara jujur. Terapis juga dapat membantu mengidentifikasi perilaku kasar. Jika perlu, mereka dapat membuat Kamu dan pasangan berpisah.

Baja juga:  5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Kalahkan Thailand dan Juara Piala AFF Futsal 2022, Nomor 1 Faktor Terpenting : Okezone Bola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *