Pesan Tegas Ketua MPI DPD KNPI Diky Wijaya Kepada Seluruh Unsur Pengurus

Pesan Tegas Ketua MPI DPD KNPI Diky Wijaya Kepada Seluruh Unsur Pengurus. (tim)
Pesan Tegas Ketua MPI DPD KNPI Diky Wijaya Kepada Seluruh Unsur Pengurus. (tim)

SUARABATAM.COM, Batam – Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) DPD KNPI Provinsi Kepri, Diky Wijaya mengingatkan para pengurus DPC KNPI Kepri terus memperjuangkan eksistensi peran pemuda dalam pembangunan daerah.

Menurut Diky, KNPI adalah tempat berhimpun semua organisasi kepemudaan dengan berbagai latar belakang. DIkutip dari HBO21, Jumat (11/02/2022) di bilangan Batam Center.

“Inilah tempat yang tepat untuk saling belajar dan menghormati antar anggota. Selanjutnya dapat menciptakan kolaborasi gerak organisasi kepemudaan dengan baik dan bermanfaat bagi daerah dan bangsa,” tegasnya.

Diangkat sebagai Ketua MPI KNPI Kepri, ia memiliki satu tujuan yaitu Persatuan dan Penyatuan KNPI dalam menyelesaikan dan menyatukan perpecahan.

Persatuan dan kesatuan adalah dua hal penting untuk menjaga bangsa Indonesia dari kehancuran. Pasalnya, kehancuran bangsa dapat disebabkan oleh bangsa itu sendiri, seperti disintegrasi bangsa.

Disintegrasi, katanya, merupakan permasalahan serius dan penting diwaspadai. Disintegrasi dapat memicu perpecahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu padu, keadaan terpecah-belah, hilangnya keutuhan atau persatuan, dan perpecahan.

Lanjut Diky, Selain disebabkan oleh berbagai perbedaan, disintegrasi juga dapat disebabkan karena pengaruh globalisasi, diantaranya, Hilangnya kesadaran untuk bersatu, Hilangnya toleransi antar kelompok, Memudarnya semangat nasionalisme masyarakat, Kesenjangan sosial masyarakat yang berakibat pada konflik, dan Memudarnya gotong royong sebagai kearifan lokal, ini yang perlu di waspadai.

Bukan rahasia umum, katanya, bahwa konflik adalah suatu yang merusak, karena itu sedapat mungkin konflik tersebut harus dihindari. Konflik itu akan memicu suatu kehancuran yang lambat laun akan mengakibatkan salah satu kelompok akan hancur.

“Bangsa ini besar karena generasi mudanya bersatu bersama membangun negeri dan DPD KNPI Kepri hadir untuk negeri Indonesia”, imbunhya.

Oleh karena itu, Diky mengajak kepada seluruh pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI Provinsi Kepri harus mampu menjawab tantangan zaman, salah satunya dalam menjaga keutuhan di daerah dan bangsa.

KNPI lanjut Diky, harus mampu menguatkan terjalinnya persatuan dan kesatuan bangsa. Dirinya menganalogikan bahwa KNPI itu ibarat semen yang mampu menguatkan pondasi yang dibangun atas nama NKRI.

“Kalau NKRI itu bangunan, maka suka tidak suka, disadari atau tidak, KNPI ini seperti semen. Bangunan, fondasinya kalau hanya batu dan pasir tidak akan kuat. Tapi dengan semen, akan jadi kuat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Diky mengajak semua unsur KNPI Kepri untuk menjaga kekompakan dan bersatu di bawah kepemimpinan Endang Dwi Socowati.

“Apapun yang terjadi di (KNPI) pusat, pesan saya KNPI Kepri harus tetap satu. Provinsi Kepri adalah Provinsi Kepri, beda dengan pusat,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *