3 Negara yang Pernah Terlibat Konflik, Ternyata Kaya Sumber Daya Alam

BEBERAPA negara di dunia tercatat pernah berkonflik dengan negara lain atau suatu gerakan. Konflik tersebut dapat terjadi karena ingin mempertahankan wilayah hingga mengambil wilayah negara lain yang mempunyai potensi sumber daya alam.

Ternyata, beberapa negara konflik ini menyimpan sumber daya alam yang melimpah. Berikut daftar negaranya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (1/3/2022) : 



1. Afganistan

Afganistan kerap berkonflik dengan Taliban. Afganistan mempunyai cadangan mineral sekitar USD1 triliun, seperti batu bara, bijih besi, kobalt, lithium, tembaga. Salah satu potensi yang sangat mencolok adalah lithium.

Lithium adalah logam yang digunakan dalam baterai untuk perangkat mobile dan mobil listrik. Dalam memo internal Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Afganistan dapat menjadi “Arab Saudinya lithium”. Potensi tersebut dapat menarik kekuatan negara besar.

2. Iran

Iran hampir selalu berkonflik dengan Irak. Negara ini tidak hanya digempur oleh pasukan Irak, namun juga sekutu-sekutu Irak. Dikenal sebagai negara yang kaya sumber daya alam, Iran mempunyai bentang alam berupa gurun pasir dan pegunungan.

Namun di dalam perut buminya, Iran mempunyai cadangan minyak. Selain minyak, Iran memiliki batu bara, gas, kromium, mangan, seng, tembaga, dan timah.


3. Yaman

Yaman merupakan negara Jazirah Arab yang menjadi tempat konflik berkepanjangan. Di negeri ini terdapat Selat Bab el-Mandeb yang menjadi jalur pelayaran minyak serta penghubung strategis antara Laut Mediterania dan Samudera Hindia.

Selain itu, selat ini menghubungkan Laut Merah dengan Teluk Aden serta Laut Arab. Yaman mempunyai kekayaan alam berupa batu kapur, batu pasir, celestin, dolomit, emas, gipsum, kobalt, perak, perlit, magnesit, nikel, seng, tembaga. Sementara produksi minyak Yaman sekitar 127.000 barel per hari sebelum konflik terjadi. (Diolah dari berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *