4 Raja Arab Saudi Paling Lama Memimpin : Okezone Nasional

KERAJAAN Arab Saudi telah dipimpin oleh tujuh raja. Dari tujuh raja yang memimpin, beberapa raja diketahui memimpin hingga puluhan tahun.

Selama memimpin, mereka berhasil menciptakan kemajuan untuk Arab Saudi. Berikut raja Arab Saudi paling lama memimpin, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (1/3/2022) :



1. Raja Fahd bin Abdulaziz (1982-2005)

Fahd bin Abdulaziz merupakan raja kelima Arab Saudi. Pada 1953, ia dilantik menjadi Menteri Pendidikan. Lalu pada 1962, ia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Fahd naik takhta setelah Raja Khalid meninggal dunia pada 1982. Selama 23 tahun memimpin, Raja Fahd telah berkontribusi dalam bidang diplomasi internasional Kerajaan Arab Saudi. Hal ini mampu membuat perekonomian Arab Saudi berkembang pesat.

2. Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud (1932-1953)

Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud merupakan raja pertama Arab Saudi. Ia memerintah Kerajaan Arab Saudi selama 21 tahun dan membangun kerajaan berlandaskan syariat Islam. Raja Abdul Aziz berhasil mengubah Arab Saudi menjadi negara Islam modern yang kaya budaya serta tradisi.

Selain itu, ia dikenal sebagai negarawan yang pandai berpolitik. Raja Abdul Aziz tahu cara memanfaatkan sumber daya alam untuk rakyatnya.

3. Raja Faisal bin Abdulaziz (1964-1975)

Faisal bin Abdulaziz adalah raja ketiga Arab Saudi. Raja Faisal naik takhta pada 1964. Ia dikenal sebagai raja yang memperhatikan kepentingan rakyatnya. Selain itu, ia seorang yang saleh. Raja Faisal mendukung program penghapusan perbudakan.

Bahkan ia pernah membeli seluruh budak di Arab Saudi dengan uang pribadinya. Kemudian ia membebaskan budak tersebut serta memberlakukan larangan perbudakan di Arab Saudi. Raja Fahd memimpin Arab Saudi selama 11 tahun, mulai dari 1964-1975.


4. Raja Saud bin Abdulaziz (1953-1964)

Saud bin Abdulaziz merupakan raja kedua Arab Saudi. Ia dipercaya memimpin Arab Saudi selama 11 tahun, mulai dari 1953-1964. Selama memimpin, ia mendirikan beberapa kementerian. Mulai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Perdagangan.

Raja Saud dikenal sebagai raja yang suka memberikan anaknya jabatan tinggi dalam pemerintahan. Hal ini membuat sang raja digulingkan oleh keluarganya sendiri. (Diolah dari berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *