Beredar Narasi: PKI Siapkan Anggaran Rp 5 Trilyun untuk Memuluskan Presiden Jokowi 3 Periode, CEK FAKTA !

SuaraBandungBarat.id – Baru-baru ini nitizen digemparkan dengan beredarnya kabar tentang narasi Partai Komunis Indonesia (PKI) menyiapkan anggaran dana hingga Rp5 triliun untuk memuluskan Presiden Jokowi sampai 3 periode.

Diketahui informasi tersebut berasal dari  unggahan akun @Gusmail30414192 di jejaring media sosial Twitter.

Dalam cuitannya, akun itu mengunggah foto yang berisi narasi PKI menganggarkan uang Rp5 triliun demi memperpanjang masa jabatan Jokowi sebagai presiden hingga 3 periode.

Adapula narasi yang meminta pemilu 2024 untuk ditunda, supaya jabatan Jokowi bisa ditambah 2 tahun.

Baca Juga:Apa Itu Pedofil? Kenali Penyebab dan 7 Ciri-cirinya

Begini narasi yang dituliskan dalam caption unggahan foto tersebut.

“Siasat cebong sama PKI”.

“Salam perjuangan kita sudah melakukan tahapan dua pilpres, tetapi hasilnya belum cukup. Usahakan agar Jokowi 3 periode, kalu bisa pilpres 2024 ditunda minimal jabatan Jokowi ditambah 2 tahun”.

Sambungnya,”Kalau masih sulit usahakan ketua KPU 2023 dari Banser, pertahankan Ketua MK, nikahkan dengan saudara kandung Jokowi, kita akan anggarkan 5 Trilyun untuk KPU, MK, Vharta Politica, dan Polisi”.

“Jika ada orang-orang yang menghambat, baik dari Tokoh Nasionalis, Tokoh Agama,atau Mahasiswa, atau elemen lain habisi mereka”. Cq : Luhur Binsar Panjaitan, Hendro Priono, Kapolri.

Baca Juga:Bagaimana Hubungan Lionel Messi terhadap Neymar dan Kylian Mbappe? Ini Jawabannya

Dilansir dalam laman Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, klaim PKI menyiapkan anggaran dana Rp5 triliun demi muluskan Jokowi 3 periode adalah salah.

Saat dikonfirmasi terkait beredar kabar tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa faktanya klaim itu tak benar alias Hoaks.

Mahfud MD menyampaikan pembahasan soal penambahan periode masa jabatan presiden 3 periode sudah tutup buku atau tak ada lagi.

Terlebih lagi, PKI sudah lama dibubarkan sebab dinilai menjadi organisasi terlarang di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan dan tertera di TAP XXV/MPRS/1966 adalah TAP Tentang Pembubaran PKI.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka informasi yang diunggah oleh akun @Gusmail30414192 soal PKI anggarkan Rp5 triliun untuk melancarkan Jokowi 3 periode adalah tidak benar.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). 

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *