Api dalam Sekam? Keyakinan Zainudin Amali soal Masa Depan Kevin Sanjaya dan Herry IP di Pelatnas, PR Besar PBSI!

SUARA SEMARANG – Seteru antara atlet badminton Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo dan sang pelatih Herry IP atau Herry Iman Pierngadi, dapat komentar dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, PBSI pun disebut.

Menpora Zainudin Amali punya pandangan soal ketidakharmonisan antara Kevin Sanjaya dan Herry IP, namun dia menyebut Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang harus menanganinya.

Supaya tak menjadi api dalam sekam, solusi diharapkan segera muncul oleh Menpora Zainudin Amali, di mana akan diselesaikan oleh PBSI, agar konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP bisa diredam.

“Saya pesankan ini menjadi urusan federasi PBSI. Saya yakin bahwa PBSI bisa mencarikan jalan keluar,” ujar Amali saat ditemui seusai pelepasan timnas sepakbola amputasi Indonesia ke Piala Dunia Amputasi 2022 di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Selasa seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga:Menhan Prabowo Jadi “Penengah” saat Panglima Andika dan KSAD Dudung Bertemu

Menpora Zainudin Amali melihat kisruh antara pemain dan pelatih seperti pada Kevin Sanjaya dan Herry IP merupakan hal yang biasa terjadi, bahkan di banyak cabang lahraga.

Namun bila mana masalah tak selesai pihaknya akan mencoba membantu. 

“Saya masih menyerahkan kepada federasi, kalau federasi bilang minta tolong supaya pemerintah ikut ini tentu kita ajak ngomong,” kata Zainudin Amali.

“Tetapi kalau enggak, selama masih bisa diatasi oleh federasi tentu kita persilakan federasi untuk cari jalan keluar supaya ini bisa akur kembali.”

“Ini urusan kesalahpahaman, itu pasti urusan komunikasi, kalau diajak ngomong saya punya keyakinan (untuk akur). Di cabang olahraga lain kita sudah berhasil seperti itu,” imbuhnya.

Baca Juga:Nilai TNI Solid, Anggota Komisi I Pastikan Rapat Fokus Bicara Anggaran, Tidak Bahas Disharmoni Andika – Dudung

Seperti diketahui, Kevin Sanjaya pemain ganda putra badminton sudah tidak berlatih di bawah arahan Herry IP sejak tampil di Japan Open pada awal September.

Adapun rekan main Kevin Sanjaya yaitu Marcus Fernaldi Gideon masih tetap menjalankan program latihan bersama Herry IP di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI di Cipayung, Jakarta.

Herry IP mengatakan sudah tidak melatih Kevin Sanjaya, dan tidak mengetahui alasan Kevin Sanjaya enggan berlatih dengannya.

Herry IP mengetahui hal tersebut setelah mendapat kabar dari Asisten Pelatih Ganda Putra Aryono Miranat usai Indonesia Open 2022 yang bergulir 14-19 Juni lalu.

Memang Kevin Sanjaya tetap berlatih di Pelatnas Cipayung, hanya saja, dia memisahkan diri dengan skuad ganda putra yang diasuh oleh Herry IP.

Kevin Sanjaya tetap berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon meski keduanya berlatih secara terpisah.

Belakangan dalam sebuah wawancara dengan salah satu media yang kemudian ramai di media sosial, Kevin Sanjaya membuka semuanya.

Kevin Sanjaya mengaku sudah sulut lagi bila harus dilatih Herry IP.

Dia merasa api dalam sekam ini sudah dimulai sejak 2016, dan diremehkan di Pelatnas pada masa itu.

Dia juga membuka sisi lain Herry IP dari sudut pandang dia, yang membuatnya hilang kesabaran hari ini dan tak mau dilatih lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *