Mengenal Balad Persib, Kelompok Terbesar Pendukung Maung Bandung Pada Masanya

Kelompok suporter Persib Bandung, Bobotoh hari ini gelar aksi unjuk rasa di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Aksi unjuk rasa ini untuk memprotes terkait kebijakan tiket manajamen Persib Bandung. Aksi unjuk rasa ini dihadiri seluruh elemen Bobotoh. 

Persib sendiri jika merujuk pada sejarahnya memiliki sejumlah basis suporter tidak hanya Viking Persib Club (VPC), ada Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Hooligan Persib, Jurig Persib, Flower City Casuals, Baraya, hingga Ultras Persib, serta kelompok lain yang tak bisa disebutkan satu per satu. 

Sebenarnya panggilan awam untuk pendukung Persib sendiri ialah bobotoh. Apa itu bobotoh? Bobotoh jika merujuk pada arti dari kamus umum basa Sunda diartikan sebagai orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Baca Juga:Hadapi Persija di Pekan ke-11 BRI Liga 1, Persib Bandung Gelar Latihan Tertutup

Artinya bisa disimpulkan jika di generasi awal para pendukung Persib lebih menggunakan nama bobotoh untuk mencirikan diri mereka. 

Di fase selanjutnya kita kemudian atau mungkin sebagian pencinta Persib mengenal kelompok pecinta Persib yang disebut Balad Persib

Siapa itu Balad Persib? 

Dari sejumlah literatur yang ada, Balad Persib merupakan basis terbesar pencinta Persib yang memiliki pendukung sangat banyak di zamannya. 

Bahkan di sejumlah literatur disebutkan bahwa kelompok Balad Persib inilah yang diduga menjadi kelompok pertama yang datang ke Jakarta pada medio 2000-an. 

Baca Juga:Dokter Tim Persib Ungkap Kans Teja Paku Alam Main Lawan Persija

Balad Persib sendiri disebut-sebut sebagai salah satu kelompok pendukung Persib yang datang ke Stadio Lebak Bulus saat laga Persija vs Persib dalam lanjutan Liga Indonesia 6 pada 2000 silam. 

Balad Persib menjadi kelompok pendukung Persib yang paling banyak saat itu datang ke Lebak Bulus. 

Soal siapa pendiri Balad Persib dan seperti apa sepak terjang mereka saat ini, sangat sulit menemukan literatur tertulis soal kelompok yang disebut-sebut sebagai kelompok tertua pendukung Persib Bandung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *