Simak! 4 Tips Mendidik dari Beauty Vlogger ini Bikin Anakmu Cerdas

Jakarta: Menjadi orang tua yang terbaik bagi anaknya merupakan salah satu impian besar. Namun, cara mendidik yang berbeda-beda menjadi penentu bagaimana anak akan bertumbuh besar nanti.

Zaman modern menciptakan mendidik anak begitu kompleks saat ini. Orang tua tentu menginginkan penerapan didikan yang terbaik bagi si kecil. Sama dengan Almiranti Fira, seorang beauty vlogger yang memiliki anak bernama Aozora Madeena Arkanara atau Ao.

Sebagai bagian kampanye dari 10.10 Brands Festival Shopee, Almiranti Fira berbagi pengalaman dan cara mendidik anaknya untuk tumbuh dan berkembang sebagai anak yang mandiri, jujur, percaya diri, dan diharapkan menjadi inspirasi bagi para orang tua lain juga.

Ini 4 tips yang dibagikan oleh perempuan bernama lengkap Almiranti Kartika Zhafira untuk mendidik si kecil:

 

1. Membiasakan anak untuk bertanggung jawab melalui hal kecil

Tidak semua kebutuhan dan tanggung jawab anak ditampung oleh orang tua. Melalui hal-hal kecil seperti membereskan mainan atau memilih pakaian yang ingin dipakai bisa kamu terapkan kepada anak.

Almiranti Fira menjelaskan bahwa orang tua terlebih dahulu mencontohkan hal-hal kecil tersebut dan mengajak anak untuk melakukan hal serupa. Sehingga, anak akan merasa terbiasa dengan apa yang dilakukan.

Fira juga menambahkan bahwa orang tua juga harus memperlihatkan perilaku rapi dan bertanggung jawab. Kunci utama orang tua adalah harus sabar dan konsisten saat sedang mendidik anak, termasuk mengajarkan tentang tanggung jawab.

 

2. Memberi arahan baik, penghargaan, maupun konsekuensi dengan penuh kasih sayang

Sebagai orang tua, memberikan pemahaman mengenai konsekuensi sudah dapat diberlakukan sejak dini. Jangan takut juga untuk memberikan sanksi jika melakukan kegiatan menyimpang.

Arahkan dengan bahasa sopan dan tidak mengandung ancaman. Kamu juga bisa berikan kalimat pujian atau memberikan hadiah jika si kecil telah berhasil melakukan hal yang menurutmu baik.

“Memberikan penghargaan tidak harus dilakukan setiap saat, kok. Bisa saat anak mendapatkan atau melakukan achievement yang besar, sehingga hal tersebut bisa jadi hal yang spesial. Kalau setiap saat diberikan reward takutnya nanti malah jadi kebiasaan yang tidak baik untuk Si Kecil,” tambah Fira.

 

3. Berikan kesempatan pada anak untuk mencoba hal baru

Wajar jika orang tua merasa khawatir. Namun, coba berikan kesempatan pada si kecil untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri mereka. Karena jika kamu mengekang anak, maka si kecil akan merasa takut untuk melakukan sesuatu hal baru.

Almiranti Fira mengajarkan anaknya Ao melalui komunikasi dan perlahan-lahan berikan kesempatan seperti menggosok gigi sendiri, tidur di kamar masing-masing, dan makan serta main sendiri.

Para orang tua bisa mengikuti tips ini dengan kunci, memberikan afirmasi serta berkomunikasi secara pelan-pelan. Mungkin anak awalnya tidak akan terbiasa, namun jika kamu terus berusaha, si kecil akan paham.

 

4. Meluangkan waktu bermain dan belajar bersama

Tips ini menjadi salah satu kegiatan untuk mengakrabkan diri dengan si kecil. Agar aktivitasnya tidak hanya bermain, namun juga belajar, kamu bisa mencari permainan yang memiliki unsur belajar, seperti bermain puzzle atau balok.

Permainan-permainan yang dilakukan bersama si anak bisa membantu mengasah pemikiran karena posisi si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu, dapat mengasah kreativitas, imajinasi, dan fokus ingatannya juga.

Kamu juga bisa mengajak anak untuk bermain di luar seperti taman atau tempat baru untuk mendapatkan pengalaman baru serta menambah wawasan si kecil.

Aulia Putriningtias

 
(FIR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *