Apa Itu Etilen Oksida? Zat yang Bikin Mie Sedaap Ditarik di Hongkong

Suara.com – Salah satu merek mie instan asal Indonesia, Mie Sedaap ditarik dari pasaran Hongkong karena mengandung zat yang membahayakan bagi kesehatan, etilen oksida. Lalu apa itu Etilen Oksida yang membuat produk Wings Food ini ditarik?

Centre for Food Safety (CFS) Hong Kong mengungkapkan temuan ini dalam rilisannya dan produk yang ditarik adalah Mie Sedaap rasa Korean Spicy Chicken. Hal ini dikonfirmasi oleh  Media Relations Executive Wings Group Indonesia, Andini Mardiani.

“Iya (itu) ditujukan ke Mie Sedaap, akan ada beberapa hal yang akan diinfokan tanggapan resminya, ditunggu ya,” ujar Andini, pada (28/9/2022).

Sementara itu, CFS menyebut kandungan kimia yang terdapat di mie instan itu etilen oksida (ethylene oxide) yang ditemukan setelah pengujian dari sampel yang diambil.

Baca Juga:
Etilen Oksid di Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Bisa Digunakan untuk Sterilisasi

“CFS mengambil sampel dari supermarket di Lok Fu sebagai bagian dari pengujian rutin. Hasil tes menunjukkan adanya kandungan pestisida etilen oksida pada mie, kemasan bumbu dan kemasan cabai,” tulis CFS dalam keterangan resminya Selasa (27/9/2022).

Laman Health Line menulis etilen oksida yang juga disebut oksiran sebagai bahan kimia yang digunakan dalam produksi bahan kimia lainnya. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) dan Badan Perlindungan Amerika Serikat (EPA) mengklasifikasikan zat ini sebagai karsinogen yaitu bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

Menurut Institut Kanker Nasional, leukemia dan limfoma adalah kanker yang paling sering dikaitkan dengan paparan etilen oksida kronis. Bukti yang lebih lemah menunjukkan itu mungkin terkait dengan kanker perut dan payudara.

Etilen oksida adalah gas yang tidak berwarna pada suhu ruang dengan bau manis. Ini digunakan untuk membuat bahan kimia yang digunakan dalam produk antibeku, deterjen, perekat, obat-obatan, busa poliuretan, kosmetik sampo dan pembersih rumah tangga.

Etilen oksida juga digunakan sebagai pestisida dan bahan pensteril peralatan medis yang tidak dapat disterilkan dengan uap suhu tinggi. Diperkirakan bahwa etilen oksida digunakan untuk mensterilkan lebih dari 20 miliar perangkat medis per tahun untuk mencegah infeksi. 

Baca Juga:
Etilen Oksida Ditemukan Pada Mie Sedaap di Hong Kong, Benarkah Bisa Sebabkan Kanker?

Ini setara dengan sekitar setengah persediaan medis yang digunakan di Amerika Serikat. Gas dikeluarkan dari perangkat medis sebelum digunakan pada manusia. Risiko paparan kronis terhadap etilen oksida sangat rendah untuk orang-orang dalam populasi umum. Orang-orang berrisiko tertinggi kronis meliputi:

  • pekerja pabrik yang membuat produk yang dibuat dengan etilen oksida
  • pekerja di pabrik yang membuat etilen oksida
  • pekerja pertanian yang menggunakan etilen oksida di tempat sampah
  • pekerja rumah sakit yang menggunakannya pada peralatan medis

Itulah penjelasan tentang apa itu etilen oksida. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Kontributor : Rima Suliastini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *