Korut Tembakkan Rudal Balistik Usai Wapres AS Kunjungi Zona Demiliterisasi

Jakarta: Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik tak dikenal, hanya beberapa jam setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris mengunjungi Zona Demilirerisasi dan meninggalkan Korea Selatan, Kamis, 29 September 2022. Ini merupakan peluncuran ketiga Pyongyang dalam waktu kurang dari seminggu.

“Korea Utara menembakkan rudal balistik tak dikenal ke Laut Timur,” kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan, merujuk pada perairan yang lebih dikenal sebagai Laut Jepang.

Penjaga pantai Jepang juga mengkonfirmasi kemungkinan peluncuran rudal balistik dari Korea Utara, mengutip informasi dari kementerian pertahanan Tokyo.

Saat berada di Korea Selatan, Harris mengunjungi perbatasan negara yang dijaga ketat dengan Korea Utara yang bersenjata nuklir, bagian dari perjalanan yang bertujuan untuk memperkuat aliansi keamanan dengan Seoul.

Berbicara di Zona Demiliterisasi (DMZ), Harris mengatakan komitmen AS untuk pertahanan Korea Selatan adalah kuat, menambahkan bahwa sekutu selaras dalam menanggapi ancaman yang berkembang yang ditimbulkan oleh program senjata Korea Utara.

Pyongyang melakukan dua peluncuran rudal balistik terlarang pada hari-hari sebelum kedatangan Harris, melanjutkan serangkaian uji coba senjata yang memecahkan rekor tahun ini. AFP PHOTO/Jung Yeon-je

(WWD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *