Samakah Radang Sendi dan Asam Urat?

Poptren.suara.comPenyakit asam urat merupakan jenis radang pada sendi karena adanya penumpukan kristal, yang bisa menyerang sendi manapun. Seperti sendi pada lutut, pergelangan kaki, jempol kaki, dan jari kaki. Penyakit ini juga dapat sebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Dengan kata lain, asam urat adalah senyawa yang diproduksi tubuh untuk menguai purin dan hal terjadi secara alami. Purin sendiri merupakan zat alami yang banyak manfaatnya yang penting untuk tubuh manusia, dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi yang nantinya akan dibuang melalui urin.

Namun pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk ketika tubuh mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, yang apabila kadarnya terlalu banyak dalam darah, maka kristal terbentuk di sendi.

Umumnya penyakit asam urat lebih mudah dan lebih sering menyerang pria yang berusia diatas 30 tahun. Sedangkan pada wanita penyakit ini muncul setelah masa menopause. Umumnya rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, tergantung perkembangan gejala dalam beberapa jam pertama.

Baca Juga:3 Tumbuhan yang Bisa Menjadi Obat Penyakit Asam Urat

Apabila tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat, atau gangguan pada ginjal sehingga asam urat yang dihasilkan lebih sedikit, maka asam urat menumpuk dan membentuk kristal tajam yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, hingga pembengkakan.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan asam urat dalam darah, diantaranya :

– keturunan

– pernah cedera

– pasca operasi pembedahan

Baca Juga:Kendailan Asam Urat, Tambahkan 12 Bumbu Dapur Ini Dalam Masakan ANda

– mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi, misalkan jeroan, daging merah, hidangan laut seperti kerang, tuna, ikan teri atau sarden

– minum minuman beralkohol atau minuman dengan kadar gula tinggi

– mengidap diabetes, sakit jantung, sakit ginjal, kolestrol tinggi, obesitas hingga anemia.

Gejala asam urat yang umum terjadi ialah :

– rasa sakit pada persendian

– sulit berjalan, terutama malam hari

– bengkak, rasa panas di persendian, munculnya warna kemerahan pada sendi

– kulit disekitar area sendi terasa gatal dan kering.

Penyakit asam urat dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup. Contoh, kurangi minuman mengandung alkohol dan perbanyak air putih. Bisa juga dengan mengurangi berat badan jika pengidap asam urat adalah seorang obesitas. Rutin berolahraga dan menjalani diet sehat, serta menghindari penggunaan obat tertentu yang bersifat imunosupresan.

Cara lain seperti mengurangi konsumsi daging merah atau minuman dengan kadar gula tinggi juga bisa membantu mencegah asam urat. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran yang memiliki banyak serta dan antioksidan yang tinggi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *