5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Panca Indra, Apa Aja ya?

Jakarta: Peneliti telah meneliti makanan-makanan apa saja yang dapat meningkatkan panca indra manusia. Penelitian ini dilakukan setelah penelitian terhadap 2 ribu orang dewasa menemukan lebih dari sepertiga (36%) tidak memperhatikan apa yang mereka makan.

Ahli gizi Rob Hobson mengatakan, diet memainkan peran besar dalam kesehatan dan kesejahteraan kita. Studi juga menemukan bahwa rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran tiga hari per minggu.

“Makanan semua memiliki manfaat yang berbeda–beberapa lebih dari yang lain, dan dengan mempertimbangkan apa yang ada di item yang berbeda, dan dengan cerdik menggabungkan vitamin dan mineral dari makananmu, kamu dapat memberikan dukungan yang ditargetkan pada area tubuh dan pikiranmu,” katanya.

Rob Hobson merekomendasikan makanan-makanan ini untuk meningkatkan panca indramu. Berikut di antaranya:

 

Roasted Red Pepper and Sweet Potato

Sup merah terbuat dari paprika merah dan ubi jalar, yang kaya akan karotenoid likopen dan beta karoten yang telah terbukti mendukung kesehatan mata yang baik.

Vitamin A di dalam makanan ini penting untuk kesehatan mata dan menjaga kornea lembap dan sehat. Beta-karoten juga telah terbukti membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

 

Risotto Jamur

Rasa kaya dan gurih dari makanan ini ternyata mengandung sumber zinc untuk membantu menjaga rasa yang enak serta berkhasiat.
 

Korean Beef Stir Fry

Bau menjadi salah satu yang dilakukan untuk memutuskan apakah mereka akan makan makanan tersebut atau tidak. Pada hidangan ini, aroma jahe dan wijen korea terasa kuat dan B12 yang di dalamnya ditemukan di daging sapi dapat meningkatkan indera penciuman.
 

Lasagna

Siapa yang tidak mengira lasagna menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan indra manusia. Tomat di dalam lasagna mengandung likopen yang dapat menjaga peglihatan yang baik.

Daging sapi yang berada di dalam lasagna mengandung B12 yang berdampak pada indra penciuman.

 

Ayam panggang

Paha ayam adalah sumber seng yang baik dan dapat membantu menjaga indera perasa dan penciuman. Sementara sayuran panggang seperti wortel dan sayuran hijau yang biasanya disajikan bersama ayam, baik untuk penglihatan.

Aulia Putriningtias

 
(FIR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *