Ini Fakta Unik Seblak yang Jaemin NCT Ingin Coba

Jakarta: Heboh di media sosial bahwa salah satu anggota boyband Korea Selatan, Jaemin NCT Dream ingin mencoba seblak pada acara Korean Wave, 28 September 2022 lalu. Seblak memang sudah menjadi makanan umum di Indonesia.

Makanan berciri khas kuah pedas dan gurih ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa temukan makanan ini dengan mudah karena seringkali dijumpai di pinggiran jalan.

Apa saja yang menjadi fakta unik seblak hingga digandrungi banyak masyarakat, apalagi hingga orang luar negeri pun ingin mencoba seblak?

 

Nama seblak

Ternyata nama seblak bukan sembarang nama. Seblak berasal dari kata ‘nyeblak’ yang berarti mengagetkan dalam bahasa Sunda. Ciri khas pedasnya ini yang membuat rasa ‘kaget’ saat memakan seblak.
 

Kencur jadi kunci cita rasa kuah dan aroma seblak

Bahan ini memang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam seblak. Rasa kuat dari aroma kencur dapat membuat ingin mencoba seblak. Masyarakat asal Bandung juga seringkali mengatakan bahwa seblak tanpa kencur bukanlah seblak.
 

Kerupuk basah menjadi bahan utama

Bukan topping berlimpah, namun hanya kerupuk basah. Kerupuk basah menjadi bahan utama dalam membuat seblak. Tanpa kerupuk basah, sensasi memakan seblak tidak akan terasa.
 

Punya 2 varian, Berkuah dan kering

Seblak memiliki dua varian, yaitu berkuah dan kering. Namun, kamu mungkin akan lebih sering menjumpai versi berkuah di berbagai penjual yang menjajakan seblak.
 

Variasi topping beragam

Jika tadi kerupuk basah menjadi bahan utama, variasi topping wajib untuk ikut masuk agar terlihat lebih menggugah selera, seperti sosis, bakso, sayur-sayuran, makaroni, dan lainnya.

Aulia Putriningtias

 
(FIR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *