Momen Haru Saat Bayi Napi di Rutan Perempuan Akhirnya Bertemu Sang Ayah

Sidoarjo: Setelah menjalani masa isolasi selama sepekan, jabang bayi yang dilahirkan AV, narapidana di Rutan Perempuan Surabaya, akhirnya bisa dikunjungi sang ayahnya, Sabtu, 1 Oktober 2022. Momen pertemuan tersebut berlangsung haru. 

Suami AV datang memanfaatkan layanan kunjungan tatap muka. Ini merupakan pertemuan kedua suami AV dengan sang anak. Sebelumnya ia sempat bertemu tepat setelah proses persalinan. 

Suami AV pun menghabiskan waktu kunjungan dengan menggendong bayinya sembari berbincang bersama sang istri.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji mengatakan, bahwa izin itu diberikan usai AV usai menjalani isolasi. Pemberian kesempatan kunjungan ini juga sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sesuai aturan yang berlaku selama pandemi, AV dan bayinya harus menjalani isolasi di blok khusus selama minimal sepekan,” kata Zaeroji.

Zaeroji menambahkan, kunjungan sementara hanya diberikan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Itu pun hanya boleh dikunjungi keluarga inti dan wajib menunjukkan kartu vaksin covid-19.

Sementara itu, Kepala Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya, Amiek Diyah Ambarwati mengungkapkan, kunjungan dari suami AV akan membawa dampak positif baik bagi AV maupun bayinya. Menurut Amiek yang dibutuhkan warga binaan dalam rutan adalah dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat.

“Dengan dikunjungi keluarga tentu akan menambah semangat AV dalam menjalani sisa pidana sekaligus mengasuh bayinya di dalam Rutan, karena tidak mudah menjalani pidana sambil mengurus bayi. Apalagi bonding antara ayah dan anak juga harus tetap dibentuk,” ujar Amiek. MI/Heri Susetyo

(WWD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *