Bye-Bye Lamborghini Aventador, Mesin V12 Murni Berakhir

Bologna: Si Banteng Ngamuk secara resmi menyuntik mati model Lamborghini Aventador dari model yang ditawarkan kepada konsumen sekarang ini. Langkah ini juga menjadi tanda bahwa era mesin V12 murni juga sudah berakhir karena pabrikan asal Sant’Agata, Bolognese, ini akan menerapkan teknologi baru.
 
Aventador merupakan salah satu model tergolong sukses dan menjadi tulang punggung penjualan sebelum Lamborghini Urus diperkenalkan. Supercar ini sudah diperkenalkan sejak Genevar Motor Show 2011, dan sudah terjual sebanyak 11.465 unit kepada konsumen di seluruh dunia.
 
”Lamborghini Aventador adalah model andalan Lamborghini selama 11 tahun diproduksi,” ujar CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, seperti dilansir Motorauthority.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Varian pertama Aventador yang diperkenalkan adalah LP 700-4 coupe V12 6.5 liter dengan sudut 60 derajat antara tepi silinder. Versi awal mobil tersebut menghasilkan 690 daya kuda dan torsi puncak 690 Nm, yang bisa menempuh 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 350 km/jam.
 
Sepanjang perjalanannya selama 11 tahun, Lamborghini Aventador hadir dalam beberapa varian seperti S, SV, SVJ, dan Ultimate. Model spesial juga hadir seperti Veneno, Centenario, Sian FKP 37, dan Countach LP 800-4.
 
Aventador LP 780-4 Ultimate Roadster dengan kelir biru spesial dan interior berwarna putih sesuai pesanan pembeli asal swiss, jadi unit terakhir dari model Lamborghini Aventador yang diproduksi pabrikan asal Italia itu.
 
Kini sebagai penggantinya, rival Ferrari tersebut sudah mempersiapkan Lamborghini Valentador. Model ini tidak lagi menggunakan mesin V12 naturally aspirated, namun sudah diinjeksi dengan teknologi plug-in hybrid.
 
Langkah strategis ini mereka lakukan untuk mengejar emisi gas buang yang lebih rendah serta tenaga yang lebih baik. Tentu menarik dinantikan bagaimana jadinya dan performa Valentador yang ditawarkan kelak.
 

(ERA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *