Food Station Kolaborasi dengan Bulog Salurkan Beras Murah

Jakarta: Food Station sebagai BUMD Pangan Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Perum Bulog Subdivisi Regional (Subdivre) DKI Jakarta. Langkah itu diambil guna melakukan Operasi Pasar (OP) Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang digelar di Pasar Induk Beras Cipinang.
 
Adapun operasi pasar beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang disaksikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri Pertanian Tan Harvick Hasnul, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.
 
Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo menjelaskan keputusan yang diambil juga dalam rangka menjaga stabilitas dan ketersediaan harga beras medium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berdasarkan pantauan kami harga beras medium pada 30 September 2022 sebesar Rp9.834 per kg dibandingkan dengan harga beras medium sesuai ketentuan HET beras medium yaitu Rp9.450 per kg,” kata Pamrihadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 3 Oktober 2022.

Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang untuk menyediakan beras operasi pasar KPSH dengan harga Rp8.900 per kg. Menurutnya, operasi pasar KPSH ini dilakukan secara masif dan terstruktur dengan para pedagang dan agen berkolaborasi memastikan harga sesuai angka maksimal yang sudah ditentukan.
 

“Kami juga berharap tidak ada pedagang atau agen yang memanfaatkan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan berlebih, karena kasihan warga yang sudah merasakan beratnya atas beban kenaikan harga-harga produk lain sebagai dampak kenaikan harga BBM,” jelasnya.  
 

Pamrihadi berpendapat ini momentum untuk menstabilkan harga beras premium di pasaran. Adapun tahap awal Food Station bekerja sama dengan Bulog untuk menyediakan beras operasi pasar KPSH sebanyak 300 ton yang didistribusikan kepada para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang, dengan harga jual sebesar Rp8.900 per kg atau di bawah HET.
 

“Dan rencananya operasi pasar beras medium akan terus dilakukan sampai dengan Februari 2023. Kami akan disalurkan sebanyak 70 ribu ton untuk mengendalikan harga beras medium,” pungkasnya.

 

(ABD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *