Ini 4 Sanksi FIFA yang Mengancam Indonesia, Pasca Tragedi Kanjuruhan

SuaraSoreang.id-Dunia sepak bola Indonesia berduka pasca tragedi kemanusiaan usai laga Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya yang berakhir ricuh.

Laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Otober 2022 itu, terjadi kericuhan usai laga yang mengakibatkan ratusan orang menjadi korban.

Tragedi Stadion Kanjuruhan itu mencuri perhatian sepak bola dunia. Indonesia pun kembali terancam kena sanksi FIFA.

Dengan adanya tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan tewasnya ratusan orang yang berasal dari suporter dan polisi ini, maka Indonesia perlu was-was dengan potensi hukuman dari FIFA maupun AFC.

Baca Juga:Hari Ini Kejaksaan Agung akan Umumkan Status Penahanan Putri Candrawathi

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi pada sepak bola Indonesia, mengingat insiden ini termasuk tragedi yang besar didunia sepak bola dunia. 

Hal ini disoroti pihak PSSI, dalam sesi jumpa pers yang digelar PSSI, pada Minggu (2/10/2022), Sekjen Yunus Nusi membeberkan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan FIFA dan AFC.

Menurut Yunus, induk sepak bola dunia itu tak akan mengambil sikap buru-buru. Apa pun itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino telah menyatakan bahwa Tragedi Kanjuruhan ini adalah ‘hari yang gelap’ untuk sepak bola dunia.

PSSI sadar betul bahwa insiden ini menjadi perhatian dunia, dan media-media asing pun terus memberitakan tragedi yang benar-benar mencoreng nama sepakbola Indonesia di mata dunia ini.

Melansir laman Suara pada 3 Oktober 2022 berikut ancaman sanksi FIFA terhadap Indonesia

Baca Juga:Polisi Sudah Prediksi Kerusuhan di Kanjuruhan dan Minta PT LIB untuk Ubah Jadwal Tanding Arema FC Vs Persebaya

1. Indonesia Batal Menggelar Piala Dunia U-20 2023

Indonesia saat ini dipercaya untuk menjadi tuan rumah pada gelaran kompetisi Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Dengan alasan keamanan bisa saja FIFA memberi sanksi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah, hal itu bukanlah perkara yang mustahil bagi FIFA.

2. Timnas Indonesia Tak Bisa Ikut Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20

Saat ini Timnas Indonesia sedang berada dilevel terbaiknya untuk semua kelompok usia. Bukan hanya menyuguhkan permainan yang menghibur, tetapi juga selalu mampu memenangkan pertandingan.

Laga terakhir timnas senior Indonesia berhasil mengalahkan Curacao pada laga FIFA Match Day kemarin.

Akan tetapi insiden Kanjuruhan tidak bisa dianggap sepele karena itu menyangkut nyawa manusia. FIFA bisa saja membatalkan keikutsertaan Indonesia pada dua kompetisi tersebut.

3. Klub dari Indonesia tidak Bisa Mentas di Piala AFC dan Liga Champions Asia

Ancaman sanksi yang dapat merugikan Indonesia lainnya ialah pelarangan tim wakil dari Indonesia untuk mengkuti turnamen AFC Cup dan Liga Champions Asia.

4. Liga 1 2022-2023 Tanpa Penonton

Diketehui sekarang Liga 1 Indonesia untuk sementara ditunda, dan Arema FC kena sanksi PSSI Tidak boleh menggelar pertandingan dengan dihadiri penonton.

Namun kemungkinan tidak hanya Arema FC yang berpotensi tidak boleh menggelar pertandingan tanpa penonton, tetapi sanksi ini bisa saja berlaku untuk semua tim.

Jika hal ini terjadi, tentu saja akan merugikan bagi tim dari segi dukungan dan finansial. 

Itulah beberapa kemungkinan sanksi yang berpotensi bisa dijatuhkan kepada Indonesia usai insiden tragis di Stadion Kanjuruhan, Malang.***

Sumber: Suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *