Setelah Nasdem Usung Anies, PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Bakal Capres di Pemilu 2024

PURWOKERTO.SUARA.COM – Perhelatan politik di Pemilu 2024 sudah semakin memanas meski perhelatan akbar itu masih dua tahun lagi namun gaung Partai Politik (Parpol) sudah mulai terasa saat ini. Setelah sebelumnya Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) di Pemilu 2024. 

Terbaru Partai Solidaritas Indonesia (PSI) deklarasikan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah yang merupakan kader PDI Perjuangan menjadi bakal Calon Presiden (Capres) pada Pemilu 2024. Terpilihnya Ganjar Pranowo menjadi bakal Capres yang diusung PSI merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang telah digelar sejak akhir Februari 2022.

Hal tersebut disampaikan Grace Natalie Wakil Ketua Dewan Pembina PSI dalam konferensi pers secara daring, Senin (03/10/2022).

“Keputusan itu hasil Rembuk Rakyat yang kami umumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024,” jelasnya.

Baca Juga:Kapolres Malang Dicopot Buntut Kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Meskipun sudah mendeklarasikan Ganjar, tetapi PSI mengaku kalau mereka belum memberi tahu soal deklarasi ini.

“Jadi waktu Rembuk Rakyat, pak Ganjar mengetahui. Tetapi hasilnya, Pak Ganjar belum update, dan PSI tidak memberi tahu secara khusus,” kata Grace dikutip Antara.

Lebih lanjut, Grace juga mengklaim kalau dalam polling, Ganjar Pranowo lebih unggul dibanding delapan nama lain dalam acara Rembuk Rakyat tersebut.

Nama-nama lain itu di antaranya Tito Karnavian Mendagri, Erick Thohir Menteri BUMN, Sri Mulyani Menkeu, Mahfud MD Menko Polhukam dan Jenderal’ Andika Perkasa Panglima TNI. Hanya saja tidak ada nama Anies Baswedan dalam polling tersebut.

Dalam polling tersebut, ada beberapa nama mentereng di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, eks Kapolri Tito Karnavian, hingga Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Tidak ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sana.

Baca Juga:Kodisi Membaik, Saipul Jamil Sebut Lesti Kejora Sudah Pulang Dari Rumah Sakit

Alasan memilih Ganjar Pranowo, lanjut Grace, karena Ganjar calon terbaik yang memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan. Selain itu, Ganjar juga akan bisa melanjutkan kerja-kerja yang telah dilakukan Joko Widodo Presiden.

“Hal ini sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh PSI,” pungkas Grace.* (ANIK AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *