Dukung Instruksi Jokowi, Usut Tuntas Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

Jakarta: Partai Gerindra mendukung sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Peristiwa yang menewaskan ratusan nyawa suporter Arema Malang itu harus diusut tuntas.

“Untuk itu Partai Gerindra mendukung penuh sikap Presiden Jokowi yang meminta Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI agar tragedi Kanjuruhan ini diusut tuntas,” kata Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani melalui keterangan tertulis, Senin, 3 Oktober 2022.

Wakil Ketua MPR itu menegaskan evaluasi total harus dilakukan. Pihak penyelenggara kompetisi sepak bola Indonesia harus memastikan keamanan seluruh pihak. 

“Perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terkait teknis penyelenggaraan dan prosedur pengamanannya,” ujar dia.

Dia sangat menyesalkan peristiwa tersebut terjadi. Padahal, sepak bola Tanah Air tengah mengalami peningkatan.

Dia menilai evaluasi menyeluruh harus dilakukan agar peristiwa serupa tak terulang. “Karena itu apa yang disampaikan Presiden, khususnya kepada Kapolri untuk melakukan investigasi menyeluruh merupakan langkah tepat agar tidak ada kelalaian penyelenggaraan dalam event-event selanjutnya,” sebut dia.

Muzani menyampaikan tugas evaluasi tak hanya dibebankan kepada pihak terkait. Gerindra juga ikut turun tangan melakukan perbaikan. 

Fraksi Gerindra telah memberikan instruksi kepada anggotanya di Komisi X yang membidangi olahraga untuk melakukan upaya-upaya evaluasi. Semua pihak harus melakukan instrospeksi untuk perbaikan ke depan.  

“Ratusan korban tidak sebanding dengan apapun. Kita harus introsepksi diri masing-masing agar sepak bola nasional kita lebih baik ke depan dan Indonesia bisa masuk piala dunia,” sebut dia.

Selain itu, Muzani menyampaikan duka mendalam terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Semoga keluarga korban yang ditinggal diberikan ketabahan.

“Duka kami menyertai para korban jiwa dan keluarga yang ditinggalkan atas tragedi yang memilukan dan memalukan ini,” ujar dia.

 

(AZF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *