Presiden Perintahkan Menteri PUPR Audit Total Seluruh Stadion

Malang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaudit seluruh stadion di Indonesia. Khususnya yang dipakai untuk kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.
 
“Saya akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Semuanya,” ujar Jokowi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar, Malang, Rabu, 5 Oktober 2022.
 
Jokowi ingin semua sistem keamanan di stadion diperiksa total. Dia tak ingin tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, terulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Apakah gerbangnya sesuai standar cukup lebar, manajemen lapangan yang pegang kendali (sesuai standar), semuanya harus kita audit total,” tegas Jokowi.
 

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pecah usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022. Dalam pertandingan ini, Arema kalah dengan skor 3-2 dari Persebaya Surabaya.
 
Insiden bermula saat beberapa suporter Arema memasuki lapangan usai pertandingan tersebut. Tak beberapa lama, ratusan Aremania memenuhi lapangan Kanjuruhan.
 
Mereka mendatangi para pemain. Beberapa ada yang melayangkan protes hingga memeluk pemain. Polisi lantas menghadang para suporter itu. Pihak keamanan juga menggiring para pemain masuk ke ruang ganti.
 
Kemudian, polisi tiba-tiba menembakkan gas air mata untuk membubarkan suporter yang masuk ke lapangan. Gas air mata itu tak hanya ditembakkan ke lapangan, tetapi juga ke arah tribun penonton yang kemudian memicu kepanikan suporter.
 
Berdasarkan data terbaru, 125 orang meninggal dunia buntut insiden maut itu. Lalu, 29 orang luka berat, luka sedang 30 orang, dan luka ringan 406 orang.
 

(AZF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *