Simple, Ini Cara Gaya Hidup Berkelanjutan di Rumah

Deli.suara.com – Dalam rangka memperingati hari lingkuhan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, Dharma Wanita Persatuan Pusat dibantu oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menggelar talkshow secara online yang diselenggarakan Kamis (3/6/2021) lalu.

“Untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan, dan ramah lingkungan, kita bisa memulai bersikap kritis pada setiap produk yang kita gunakan. Produk yang ramah lingkungan, dan meminimalisir sampah. Salah satu yang sudah dilakukan Dharma Wanita Persatuan adalah suistanable tas yang sudah tak menggunakan tas plastik lagi,” ucap Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ibu Erni Tjahjo Kumolo.

Rumah adalah tempat penting di dunia ini, di mana kebersamaan keluarga ada di dalamnya. Selain itu, rumah juga merupakan titik nol kita, di mana sebuah tradisi kesadaran pun lahir dari rumah. Oleh karena itu, gaya hidup berkelanjutan bisa dimulai dari rumah sebagai titik pertama yang nantinya memunculkan kebiasaan.

“Bahkan, masyarakat yang baik juga dimulai dari rumah,” ungkap Co-Founder Kebun Kumara, Siti Soraya Cassandra dalam kegiatan ‘Rumahku, Ceritaku’ di Ikea Alam Sutera, Senin (26/9/2022).

Baca Juga:Dibubarkan Emak-emak, Anak Sekolah Ini Langsung Pergi : Berisik Lu Bu!

Dilansir dari laman Lingkarjateng.id, terdapat lima rekomendasi cara untuk menghabiskan weekend bersama keluarga dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Hal pertama yang bisa Anda lakukan di rumah adalah upcycling pakaian jadi baru. Pakaian lama yang sudah tak terpakai bisa diubah menjadi barang pakaian model lain, tas atau aksesori yang akhirnya menciptakan mode baru.

Tak hanya itu, kebiasaan membawa bekal dari rumah juga salah satu cara gaya hidup berkelanjutan. Tak hanya bisa menghemat pengeluaran, membawa bekal juga menjamin makanan yang dikonsumsi lebih sehat dan aman.

Soraya Cassandra juga mengatakan, “Gaya hidup ini bisa dimulai melalui langkah kecil dari rumah, seperti berkebun dan memilah sampah, yang dapat membiasakan keluarga bersilaturahmi dan mengapresiasi alam dalam keseharian.”

“Gaya hidup berkelanjutan dapat menciptakan rumah yang sehat dan aman. Jika dilakukan bersama-sama, gaya hidup ini dapat memberikan pengaruh positif bagi lingkungan dan banyak orang,” tutur Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally. [ABI]

Baca Juga:Resmi Dukung Anies Capres 2024, PKS DIY Segera Ajukan Usulan ke DPP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *