Dukung Pemulihan Ekonomi, Industri Klining dan Laundry Tingkatkan Kompetensi

Jakarta: Perekonomian global mengalami tekanan berat selama 2,5 tahun terakhir akibat pandemi, termasuk perekonomian Indonesia. Kondisi ini juga mengakibatkan perubahan dan pergeseran paradigma dari kehidupan sehari hari dan proses kerja berbagai lini usaha.
 
Selama pandemi, kebersihan menjadi prioritas utama dan berlanjut menjadi norma standar di saat pandemi lebih terkendali dan ekonomi mulai berangsur pulih. Fasilitas umum, pelayanan masyarakat, gedung dan ruang publik memiliki kriteria dan standar baru untuk  kebersihan.
 
Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) Shiddiq mengatakan, pengusaha juga berusaha untuk meningkatkan kualitas dan hasil di sisi laundry. Bukan hanya dalam kapasitas laundry komersial dan industrial, namun juga pada outlet laundry ritel.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dalam upaya meningkatkan kualitas, tidak hanya dengan dukungan produk atau teknologi yang membantu proses kerja klining di berbagai sektor, namun, kompetensi dari tenaga kerja yang melaksanakan juga perlu ditingkatkan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Oktober 2022.
 
Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI) menilai tuntutan pasar akan jasa laundry yang bermutu dan memenuhi standar kesehatan turut mengubah peta dan pola kerja industri laundry nasional. Untuk itu, pelaku usaha harus terus meningkatkan mutu agar tidak ketinggalan.
 
“Meningkatkan mutu tentunya dengan menggunakan bahan pembersih yang berkualitas, mesin proses yang handal, proses kerja yang baik dan ketepatan waktu layanan. Ini menjadi momen yang tepat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha,” kata Ketua Umum APLI Wasono Rahardjo.
 

 

PT Media Artha Sentosa telah menyelenggarakan Expo Clean & Expo Laundry ini sejak 2014. Seiring dengan berkembangnya industri klining dan laundry di Indonesia, kegiatan ini terus mendampingi dan mengantisipasi kebutuhan industri sesuai kebutuhan.
 
“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sinergi antara principal, importir, distributor dan pengguna barang dan jasa, pada platform yang komprehensif,” ujar Direktur PT Media Artha Sentosa Teddy Halim.
 
Dengan dukungan penuh dari berbagai organisasi profesi dan industri, kegiatan ini juga menghadirkan berbagai seminar dari para organisasi pendukung. Sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman pertukaran informasi dan pengalaman yang menyeluruh.
 

Expo Clean & Expo Laundry 2022 menghadirkan lebih dari 100 nama-nama di bidang klining dan laundry dari 15 negara. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong industri klining dan laundry di Indonesia untuk menjadi kompeten dengan kinerja yang profesional.
 

(END)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *