Terendam 1,2 Meter, BPBD DKI Terjunkan Personel Tangani Banjir di Jaksel

Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengerahkan puluhan personel gabungan dan pompa untuk menyedot banjir di kawasan Cipete Utara, Jakarta Utara. Ketinggian air di kawasan itu mencapai 1,2 meter.
 
“Puluhan personel gabungan yang terdiri dari BPBD, Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Gulkarmat serta Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan sudah diterjunkan di lokasi,” kata Pelaksana Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.
 
Dia menjelaskan ada tiga Rukun Tetangga (RT) di Cipete Utara yang terdampak banjir setinggi 1,2 meter itu. Dia menerangkan banjir terjadi usai hujan deras mengguyur sebagian wilayah Jakarta hingga pukul 16.00 WIB.
 
Selain di Cipete Utara, petugas juga mengerahkan pompa untuk menyedot genangan masing-masing satu RT di Kelurahan Pondok Pinang dan Pejaten Barat. Ketinggian air di wilayah itu sekira 40-50 centimeter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebanyak lima RT terendam banjir, hanya 0,016 persen dari total jumlah RT di DKI mencapai 30.470 RT,” ungkap dia.

Petugas gabungan juga menyedot genangan air di tujuh ruas jalan di Ibu Kota hingga pukul 16.00 WIB. Ketinggian air di ruas jalan itu mencapai 30 centimeter. 
 
Tujuh ruas jalan itu yakni Jalan TB Simatupang Cilandak, Jalan Jeruk Purut Cilandak Timur, Jalan Raya Tanjung Barat Jagakarsa, Jalan Pejaten Raya Pejaten Barat, Jalan Intan Cilandak Barat, Jalan Komplek Polri Karet Semanggi, dan Jalan Karang Tengah Raya Lebak Bulus.
 
BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, masyarakat dapat menghubungi nomor telepon 112.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan informasi kewaspadaan. Yakni periode 2-8 Oktober 2022 diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di DKI Jakarta.
 

(LDS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *